Notification

×

Iklan

Iklan

KBRI Panama City 'Jemput Bola' Datangi Para WNI di Honduras Memberikan Pelayanan Kekonsuleran

Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:01 WIB Last Updated 2021-10-22T04:01:51Z

Jakarta..Internationalmedia.id.-Sebagian besar Perwakilan Indonesia di luar negeri mempunyai wilayah kerja yang mencakup beberapa negara. Misalnya KBRI Panama City yang mempunyai wilayah kerja di Panama merangkap Honduras, Kosta Rika dan Nikaragua. 

Dalam hal demikian, KBRI Panama mempunyai tugas untuk memberikan pelindungan dan pelayanan bagi seluruh WNI di keempat negara tersebut. Belum lama ini, untuk memberikan pelayanan terbaikanya, KBRI Panama menyelenggarakan program 'Jemput Bola' untuk pelayanan konsuler bagi para WNI di Honduras (18-20/10/2021).

KBRI Panama dan Konsul Kehormatan di Honduras menyelenggarakan program ini untuk memfasilitasi pembuatan paspor bagi para WNI yang tidak dapat datang langsung ke KBRI Panama City. 

Penerbitan paspor dengan berbasis SIM KIM (Sistim Informasi Manajemen Keimigrasian) mewajibkan pemohon untuk hadir melakukan rekam biometrik untuk pencatatan dan pendaftaran paspor. 

Bagi WNI yang berada di Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua, untuk datang ke KBRI Panama City di Panama cukup sulit karena memerlukan visa yang prosesnya memakan waktu lama.

“Kegiatan ini menunjukkan bahwa Pemerintah RI melalui KBRI Panama City yang sangat peduli pada warganya di perantauan yang jauh. Sejauh pengamatan saya, baru ini saya melihat ada Kedutaan Besar yang mendatangi warganya untuk melayani paspor. 
Saya salut dengan inisiatif ini dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Fungsi Konsuler KBRI Panama City ini," ujar Mohamad Yusuf Hamdani Bai, Konsul Kehormatan RI di Republik Honduras.

Dalam kegiatan tersebut, KBRI Panama City juga berkesempatan untuk saling bertukar pikiran dengan WNI. KBRI Panama City juga memberikan pelayanan penerbitan affidavit bagi anak-anak dari WNI yang memiliki hak berkewarganegaraan ganda.

Di akhir pertemuan, KBRI Panama City juga membagikan paket vitamin lengkap untuk WNI yang hadir sebagai bagian dari kepedulian KBRI Panama City terhadap pemeliharaan kesehatan WNI di Honduras di masa pandemi Covid-19.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update