Notification

×

Iklan

Iklan

Pertemuan ASEAN PMCs di Hari Kedua, Indonesia Dorong Kerjasama Vaksin dan Kesehatan

Kamis, 05 Agustus 2021 | 13:07 WIB Last Updated 2021-08-05T06:07:14Z

Wamenlu RI, Mahendra Siregar

Jakarta.Internationalmedia.id.-​Pada hari kedua rangkaian pertemuan dengan Negara Mitra ASEAN, Indonesia mendorong kerja sama vaksin dan kesehatan di kawasan serta terciptanya situasi geopolitik yang kondusif untuk pemulihan ekonomi.

 

“Masih terdapat perbedaan mencolok dalam akses vaksin secara global," tegas Wamenlu Mahendra. Diskriminasi vaksin dapat menghambat upaya pemulihan yang akan berdampak luas.

 

Untuk mengatasi hal ini, Indonesia usulkan penjajakan kerja sama riset dan produksi vaksin antara ASEAN dengan perusahaan di negara mitra yang memiliki lisensi produksi vaksin dan obat-obatan untuk menangani Covid-19.

 

Wamenlu RI menyoroti pentingnya mobilitas masyarakat di kawasan untuk mendukung pemulihan ekonomi. Saat ini, ASEAN telah memiliki kerangka untuk mendukung mobilitas tersebut, yaitu ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework (ATCAF).

 

Dalam pertemuan ASEAN-Rusia, Wamenlu RI menyampaikan, “kerangka ini pada waktunya dapat diperluas dengan negara mitra."

 

Indonesia juga tekankan bahwa situasi geopolitik yang aman dan stabil akan mendukung upaya pemulihan ekonomi yang tangguh. Terkait stabilitas geopolitik, Wamenlu Mahendra tegaskan kembali pentingnya East Asia Summit sebagai penggerak utama stabilitas Kawasan.


“Ini saat tepat bagi kita untuk mewujudkan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific menjadi kegiatan konkret". Indonesia juga mengutarakan pandangan serupa dalam pertemuan ASEAN-Australia, ASEAN-Rusia, dan ASEAN-India.

 

Pada pertemuan ASEAN-Rusia, Indonesia sebagai Negara Koordinator ASEAN-Rusia sejak 2018 telah menyerahkan tanggung jawab kepada Kamboja selaku Negara Koordinator selanjutnya.

 

Mengakhiri tanggungjawabnya, Indonesia mendorong komitmen Rusia untuk bekerjasama konkrit dalam kerangka ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, sehingga pada pertemuan hari ini, Indonesia tekankan terkait kerja sama kesehatan dimana Rusia dapat menjadi driver di kawasan dalam mengimbangi peran mitra ASEAN lainnya.

 

Pertemuan tingkat Menlu ASEAN dengan Australia, Rusia, India dan East Asia Summit tersebut merupakan bagian dari rangkaian ASEAN Post Ministerial Conferences. Pada 5 Agustus 2021, rangkaian akan berlanjut dengan pertemuan ASEAN-Selandia Baru dan ASEAN-Uni Eropa. Rangkaian pertemuan akan berlangsung hingga 6 Agustus 2021.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update