Notification

×

Iklan

Iklan

KBRI Dakar Bantu Kepulangan Tujuh ABK yang Alami Musibah Kapal Tenggelam di Senegal

Rabu, 25 Agustus 2021 | 10:50 WIB Last Updated 2021-08-25T03:50:11Z

Tujuh ABK Kapal Musibah di Sinegel dipulangkan ke Indonesia

Jakarta.Internationalmedia.id.- KBRI Da​kar berhasil membantu memulangkan tujuh ABK WNI yang sebelumnya mengalami musibah kapal tenggelam di perairan Senegal.

 

Ketujuh ABK tersebut, tiba di Soekarno Hatta International Airport pada hari Senin (23/08/2021) menggunakan penerbangan Turkish Airlines.​ 

 

Sebelumnya, pada hari Rabu, tanggal 4 Agustus 2021, KBRI Dakar menerima laporan tenggelamnya Kapal Brika, sebuah kapal penangkap ikan berbendera Spanyol, akibat kebocoran pada salah satu titik pada badan kapal.

 

Sejumlah 25 orang crew kapal, termasuk 7 orang ABK WNI yang bekerja pada kapal tersebut berhasil diselamatkan. KBRI Dakar selanjutnya segera membawa seluruh ABK WNI ke KBRI Dakar mengingat pemilik kapal tidak bisa bertanggung jawab atas penyediaan tempat tinggal sementara bagi para WNI tersebut di Dakar.

 

 

Selama menunggu kepulangan, para pahlawan devisa Indonesia tersebut turut berkesempatan untuk berpartisipasi dalam hangatnya perayaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 di wisma duta RI Dakar, bersama-sama dengan sejumlah masyarakat Indonesia lainnya di Dakar.

 

“Alhamdulillah, kami tidak merasa sendirian dalam menghadapi musibah ini di luar negeri. Kami bersyukur dan sangat berterima kasih kepada Duta Besar RI Dakar beserta jajaran yang telah menampung kami dengan baik di Dakar dan memfasilitasi kepulangan kami ke tanah air,” ungkap Murtani, salah satu ABK kapal Brika.

 

 

Sebelum melepas para ABK Kembali ke tanah air, KBRI Dakar membekali para ABK dengan pakaian, makanan dan peralatan kesehatan untuk digunakan selama dalam perjalanan.

 

 

Selain itu, KBRI Dakar juga memastikan seluruh kelengkapan dokumen persyaratan perjalanan yang dibutuhkan oleh para ABK, termasuk sertifikat hasil test PCR dengan hasil negatif, telah terpenuhi.

 

 

Keberhasilan KBRI Dakar dalam memastikan kepulangan ketujuh ABK tersebut tidak luput dari dukungan yang diberikan oleh perusahaan yang merekrut ABK di Indonesia serta KJRI Istanbul yang ikut memastikan kelancaran proses transit ketujuh ABK di Bandara Istanbul.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update