Notification

×

Iklan

Iklan

PM Thailand dan Dubes RI Bangkok Garisbawahi Pentingnya Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Thailand

Senin, 14 Juni 2021 | 17:17 WIB Last Updated 2021-06-14T10:17:22Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-“Thailand dan Indonesia harus tingkatkan kerja sama terutama di sektor ekonomi perdagangan untuk membantu pemulihan sosial ekonomi sebagai dampak dari pandemi Covid-19 ini".

 

Pernyataan ini disampaikan oleh Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-o-cha ketika menerima courtesy call Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand dan UNESCAP, Rachmat Budiman di Government House (11/06/2021).

 

PM Prayuth lebih lanjut menggarisbawahi Thailand-Indonesia merupakan mitra penting di kawasan dan internasional dan kerja sama yang telah terbina selama ini terjalin nyata di seluruh sektor baik politik, pertahanan, kepolisian, perdagangan, investasi, pendidikan, dan kesehatan.

 

PM Prayuth dalam kesempatan tersebut juga memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo dengan memainkan peran penting terutama di ASEAN. Sebagai dua negara ekonomi terbesar di kawasan, baik Thailand dan Indonesia harus memajukan kerja sama ekonomi melalui berbagai mekanisme yang ada seperti Joint Commission Meeting (JCM), Joint Trade Commission (JTC) dan Joint Working Group on Fisheries (JWGF).

 

PM Prayuth juga menyinggung perlunya kedua pihak untuk mengurangi hambatan perdagangan dan investasi untuk memperlancar arus perdagangan dan investasi dua arah.

 

Disampaikan ketertarikan investor Thailand untuk terus meningkatkan keberadaan mereka di Indonesia dan diharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia.

 

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI menyampaikan beberapa prioritas yang akan dilaksanakan dalam upaya memperkuat kerja sama kedua negara utamanya di bidang ekonomi perdagangan termasuk memperluas kerja sama investasi guna memperkuatan ketahanan masyarakat.

 

Di samping itu, juga ditekankan pentingnya kerja sama bilateral dalam rangka menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan serta memperkuat kerja sama di bidang pendidikan termasuk riset pengembangan penanganan kesehatan masyarakat antara lain di bidang pengadaan vaksin. Ditekankan juga untuk memperkuat kerja sama di forum regional dan multilateral.

 

Duta Besar RI menyatakan bahwa peningkatan kerja sama antara Indonesia-Thailand merupakan suatu keharusan terutama dalam rangka melakukan pemulihan sosial ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19 mengingat tidak ada satupun negara yang mampu mengatasi masalah pandemi secara sendiri.

 

Pandemi Covid-19 juga memberikan pelajaran untuk mampu mengatasi kelemahan di dalam infrastruktur kesehatan.(marpa)

×
Berita Terbaru Update