Notification

×

Iklan

Iklan

Cicit Raja Sisingamangaraja XII Jalan Kaki dari Toba ke Jakarta Serukan Tutup TPL

Senin, 14 Juni 2021 | 17:29 WIB Last Updated 2021-06-15T06:28:49Z

Aksi jalan kaki dari Toba ke Jakarta serukan tutup PT TPL

Toba.Internationalmedia.id.-Togu Simorangkir, cicit Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII bersama dua rekannya, Anita Hutagalung dan Irwandi, berjalan kaki dari Balige, Kabupaten Toba menuju Jakarta, Senin (14/6/2021).


 Aksi ini dilakukan sebagai protes untuk menutup PT Toba Pulp Lestari (TPL).

 

Sebelum, Togu dan rekannya memulai aksi jalan kaki "Ajak Tutup TPL" ini, para penatua menjalankan ritual pemberangkatan ketiga orang tersebut di depan Makam Raja Sisingamangaraja XII,Soposurung, Balige, Sumatera Utara.

 

Usai ritual dan doa pemberangkatan, Togu Simorangkir terlihat pamit kepada ibunya dan istrinya. Satu anaknya Togu Simorangkir, Bumi Simorangkir ikut juga dalam aksi tersebut.

 

"Kegiatan ini kita namakan Ajak Tutup TPL. Aksi Jalan kaki Tutup TPL dari Toba ke Jakarta. Hal ini kita lakukan sebagai respon kita atas peristiwa 18 Mei 2021 di Desa Natumikka, kita sudah geram, kita sudah muak dengan perusahaan TPL yang semena-mena terhadap lingkungan," sebut Togu.

 

Dikatakan, Anita Hutagalung dan Irwandi Sirait sudah mempersiapkan diri sekitar sebulan. Aksi mereka tersebut merupakan sebagai peringatan 114 tahun gugurnya Raja Sisingamangaraja yang dikenal sebagai pahlawan nasional untuk melawan penjajah, Belanda.

 

Tidak lebih dari sebulan kita sudah persiapkan dan kita sudah putuskan untuk berangkat. Dan ini juga menyambut 114 tahun Raja Sisingamangaraja XII gugur.Kita mulai perlawanan dengan TPL dari makamnya.


Dan semoga, kalaupun dulu Raja Sisingamangaraja XII 30 tahun melawan penjajah dan sekarang kita sebenarnya melawan penjajah dari bangsa sendiri, ungkapnya.

 

Iapun memohon doa dan dukungan masyarakat atas aksi ini."Kami mohon doa-doa kawan semua dalam perjalanan ini," pungkasnya. (MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update