Notification

×

Iklan

Iklan

DPRD Jabar Minta Percepatan Realiasasi Jalur Sukabumi-Pangandaran

Kamis, 03 Juni 2021 | 17:08 WIB Last Updated 2021-06-05T09:08:27Z

Foto: Ilustrasi

Bandung.Internationalmedia.id.-DPRD Provinsi Jawa Barat mendukung rencana Pemerintah Provinsi Jabar untuk membangun jalur Jawa Barat Tengah-Selatan(JTS).
 

 

Selama ini, masyarakat Jabar cukup kesulitan untuk melakukan aktifitas dari Tengah ke Selatan maupun sebaliknya. Untuk itu, DPRD Jabar mendorong percepatan realisasinya.

 

Komisi IV DPRD Jabar Drs.H.Daddy Rohanady menyatakan, kenapa DPRD Jabar  mendorong percepatan realisasinya, karena jalur Jabar Tengah- Selatan itu menghubungkan jalur yang selama ini belum terhubung dalam “tanda kutip” secara utuh di Jabar Tengah-Selatan.

 

Sebenarnya memang sudah ada jalur penghubung  dari Tengah ke Selatan, tetapi jalannya masih kecil/ sempit dan mutar, sehingga perlu dibenahi dan dibuatkan jalur  baru. 

 

JTS ini, juga sangat penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat, sehingga hasil produksi pertanian dapat cepat terdistribusi ke kota-kota besar, kata Daddy Rohanady saat ditemui di ruang kerja Komisi IV DPRD Jabar, Kamis(3/6-2021).

 

Selama ini banyak petani, seperti petani Tomat dan Sayuran mengeluh masalah akses dan kondisi jalur distribusi Tengah-Selatan yang kecil dan juga harus berputar, sehingga biaya transportasi menjadi mahal.


Bahkan tidak sedikit hasil pertanian sebelum sampai ke kota tomat dan sayuran sudah busuk. Untuk itu, kita dukung juga pembangunan JTS terkoneksi dengan jalan menuju pusat  produksi pertanian.

 

Jalur JTS akan membentang sepanjang 321,26 kilometer dari Barat ke Timur, di antara Jalur Tengah Jabar dan Jalur Pantai Selatan Jabar. Mulai dari Sukabumi hingga Pangandaran.

 

Dikatakan, selama ini jarak antara Jalur Pantai Selatan dengan Jalur Tengah itu hampir antara 75 kilometer sampai 100 kilometer jaraknya. Jadi masyarakat yang di jalur tengah ini mau ke Jalur Tengahnya jauh, mau ke Jalur Selatannya jauh.

 

Dari situ awalnya kenapa Komisi IV DPRD Jabar mendorong percepatan pembangunan jalur JTS ini, ujarnya.

 

Untuk mempercepat realiasi pembangunan, Komisi IV DPRD Jabar meminta kepada Pemprov Jabar , untuk lebih intensif melakukan koordinasi ke pemerintah pusat  melalui Kementerian PUPR,  Menko Marves, Bappenas dan Kementrian Keuangan. 

 

Hal ini penting, agar pembangunan jalur JTS cepat terealiasi dan mendapat support anggaran dari APBN.  Karena kalau mengandalkan dari APBD Jabar, tentunya cukup berat, mengingat anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit.

 

Anggaran dari APBD Jabar sudah disiapkan dalam APBD Jabar 2021 ini, namun itupun tidak maksimal, sehingga sewaktu komisi IV rapat kerja dengan Dinas BMPR Jabar, disepakati, bahwa rencana pembangunan jalur JTS dilakukan dalam bentuk tahun jamak.

 

Jadi anggaran setiap tahun”, tambah Daddy yang juga Wakil Ketua  Fraksi Gerindra DPRD Jabar ini.

 

Rute/ jalur JTS yang akan melintasi beberapa kabupaten/ kota di Jabar yang juga masuk dibeberapa wilayah UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) wilayah  I, II, III, IV dan V. Tentunya  dalam pekerjaannya bisa saja diserahkan ke UPTD masing-masing atau langsung ditangani oleh Dinas BMPR Jabar, katanya mengakhiri.(Adv)

×
Berita Terbaru Update