-->

Notification

×

Iklan

Iklan

KBRI Paramaribo Kembali Bantu Fasilitasi Kepulangan WNI ke Indonesia

Kamis, 08 April 2021 | 4/08/2021 WIB Last Updated 2021-04-08T13:25:56Z


​Jakarta.Internationalmedia.id.- Sebagai bentuk peran aktif dan kehadiran negara dalam perlindungan WNI, Perwakilan RI di Luar Negeri terus berupaya memberikan pelayanan yang optimal meskipun di tengah pandemi Covid-19.

 

Salah satu cara yang dilakukan oleh KBRI Paramaribo dalam memberikan pelayanan dan perlindungan WNI yaitu melalui fasilitasi pemulangan WNI dari Suriname kembali ke Indonesia.

 

Sejak Januari 2021, pemerintah Belanda telah menerapkan larangan masuk/transit untuk penerbangan internasional dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan (termasuk Suriname dan Guyana).

 

Larangan penerbangan tersebut mengakibatkan sejumlah WNI yang berada di Suriname maupun Guyana belum dapat kembali ke Indonesia. Larangan dimaksud dikecualikan untuk penumpang dengan paspor Uni Eropa, bagi tenaga kesehatan serta Anak Buah Kapal (ABK).

 

KBRI Paramaribo pada 27 Maret 2021 hingga 3 April 2021 telah berhasil membantu fasilitasi repatriasi mandiri 30 WNI yang merupakan ABK dari Suriname untuk kembali pulang ke Indonesia. Adapun proses repatriasi WNI bersifat mandiri dan dibantu oleh pihak perusahaan.

 

Para WNI yang pulang telah menjalani tes PCR dan tes Rapid Covid-19 yang merupakan persyaratan untuk transit di Bandar Udara Schiphol Amsterdam-Belanda.

 

Pada hari keberangkatan, KBRI Paramaribo turut mendampingi para WNI yang direpatriasi dalam proses check-in hingga pemeriksaan imigrasi di Bandar Udara Internasional Johan Adolf Pengel Paramaribo-Suriname serta memberikan bantuan logistik kesehatan berupa hand sanitizer, masker, vitamin dan sarung tangan, sekaligus membekali para WNI dengan surat keterangan perjalanan untuk kepulangan.

 

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian dan perlindungan bagi WNI KBRI Paramaribo telah melakukan kunjungan kepada WNI yang berada di Distrik Nickerie yang berjarak sekitar ±232km dari Paramaribo (21/03/2021).

 

KBRI Paramaribo melakukan dialog dengan para WNI untuk memastikan kondisi para WNI dalam keadaan baik serta untuk memberikan rasa aman meskipun di tengah pandemi.

 

Selain itu, disampaikan bantuan logistik makanan dan bantuan alat kesehatan berupa masker, hand sanitizer dan vitamin c kepada para WNI yang berada di Distrik Nickerie.(marpa)

 

(Sumber: KBRI Paramaribo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update