-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Ada Gulung Tikar, Lina Ruzhan: Sekitar 37.119 UMKM Jabar terdampak Pandemi

Sabtu, 03 April 2021 | 4/03/2021 WIB Last Updated 2021-04-03T01:18:42Z

Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Lina Marlina Ruzhan saat membuka  Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) dan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) 2021di Trans Studio Mall, Kota Bandung, Jumat (2/4/2021).

Bandung.Internationalmedia.id.- Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jabar, sekitar 37.119 UMKM terdampak pandemi, 14.991 di antaranya merupakan pelaku ekonomi kreatif, bahkan ada UMKM yang berhenti produksi maupun gulung tikar.

 

Hal ini dikemukakan Wakil Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Lina Marlina Ruzhan ketika membuka Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) dan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) 2021 di Trans Studio Mall, Kota Bandung, Jumat (2/4/2021).

 

Untuk itu, dua event ini digelar bertujuan untuk membangkitkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jabar yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19 ini.

 

"Ini dalam rangka mendukung Gernas (Gerakan Nasional) Bangga Buatan Indonesia. Berkat sinergi dan kolaborasi bersama antara Kementerian Koperasi dan UKM, Pemda Provinsi Jabar, Dekranasda Jabar, Bank Indonesia serta seluruh stakeholder di Jabar," kata Lina.

 

Gelaran acara PKJB dan KKJB 2021 akan dilaksanakan pada 2 hingga 4 April 2021. Event tersebut akan mengusung tema “Sinergi Mengembangkan Kreatifitas Menuju UKM Jabar Teratas” dengan tagline #UKMJabarPaten.

 

Dalam rangkaian acara, ditampilkan berbagai produk kriya, kain, kuliner, kopi dan industri kreatif mitra Bank Indonesia di Jabar dan Dekranasda Jabar.

 

Selain itu, ditampilkan pula pemutaran video pariwisata, tarian, fashion show, talkshow akses pembiayaan dan business matching, serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional.

 

Lina berharap PKJB dan KKJB, dalam rangka mendukung Gernas BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI), dapat membangkitkan UMKM dan pelaku ekonomi kreatif sekaligus mendorong pemulihan ekonomi di Jabar.

 

"Pelaksanaan sinergi Karya Kreatif Jawa barat sebagai dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI Jawa Barat untuk menciptakan New UMKM Jawa Barat sebagai kekuatan ekonomi nasional," tuturnya.

 

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini  dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan juga pariwisata khususnya di Jawa Barat, terutama mendukung promosi dan pemasaran secara virtual sehingga mampu memberikan kontribusi optimal terhadap perekonomian, tidak hanya Jawa Barat, tapi juga Nasional," imbuhnya.(Ter)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update