-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Osaka University Tanda Tangani MoU Penelitian Vaksin dengan ITB

Jumat, 05 Maret 2021 | 3/05/2021 WIB Last Updated 2021-03-05T07:19:08Z

Penandatanganan MoU Osaka University dengan ITB

​Jakarta.Internationalmedia.id.- KJRI Osaka memprakarsai kerja sama penelitian vaksin virus antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Research Institute for Microbial Diseases (RIMD), Osaka University.

 

Kerja sama ini secara resmi disahkan melalui Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Inovasi ITB, Prof. I Gede Wenten Ph.D dan Direktur RIMD, Prof. Masato Okada, Ph.D, Kamis, (4/03/2021).

 

Kerjasama ini merupakan upaya mendukung perwujudan diplomasi kesehatan dalam mendorong percepatan penanganan pandemi COVID-19, KJRI Osaka memprakarsai kerja sama penelitian vaksin virus antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Research Institute for Microbial Diseases (RIMD), Osaka University.

 

Menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang masih terjadi di Indonesia dan Jepang, penandatanganan MoU dilakukan secara daring dengan disaksikan oleh Konsul Jenderal RI Osaka, Diana Emilla Sari Sutikno, Direktur Asia Timur dan Pasifik, Santo Darmosumarto, Direkur Asia Tenggara, Mirza Nurhidayat, DCM KBRI Tokyo, Tri Purnajaya, beserta tamu undangan dan media massa.

 

“Saya berharap dan optimis ITB dan RIMD Osaka University dapat bekerja sama menghasilkan vaksin yang aman, bermutu dan berkhasiat, sehingga dapat memberi kontribusi nyata pada upaya penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia dan Jepang,” ujar Konjen.

 

Sementara itu, Direktur RIMD menyampaikan kerja sama ini merupakan kerja sama antara institusi pendidikan Jepang dan Indonesia yang pertama di bidang vaksin.​

 

Kerja sama penelitian antara ITB-RIMD diharapkan dapat menjadi awal bagi kolaborasi yang lebih luas yang melibatkan pemerintah, industri, hingga masyarakat dan media (Academician, Business, Government, and Media/ABGM).

 

Kerja sama ini merupakan salah satu implementasi kerja sama bidang kesehatan yang disepakati Presiden Joko Widodo dan PM Yoshihide Suga pada kunjungan PM Suga ke Indonesia pada Oktober 2020.

 

Pembentukan kerja sama tersebut diawali dengan penjajakan intensif yang dilakukan oleh KJRI Osaka kepada kedua institusi pendidikan dimaksud.

 

Setelah melalui serangkaian pertemuan dengan pihak ITB melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ITB (LPPM ITB) dan Prof. Yoshiharu Matsuura, DVM, Ph.D, pakar di bidang virologi molecular pada RIMD Osaka University yang saat ini tengah melakukan penelitian terhadap virus SARS-CoV-2, KJRI Osaka berhasil memperoleh komitmen dari kedua belah pihak untuk melaksanakan kerja sama dan kolaborasi penting ini.

 

Kerja sama difokuskan pada kegiatan penelitian bersama yang bertujuan untuk mengembangkan cara produksi dan analisis vaksin model baru. Pelaksanaan kerja sama akan dilakukan oleh Tim Vaksin ITB yang terdiri dari peneliti dengan latar belakang multidisipliner dan Tim dari RIMD yang dipimpin oleh Prof. Matsuura. Kedua belah pihak akan saling bertukar informasi dan berbagi materi penelitian.

 

KJRI Osaka sebagai pemrakarsa kerja sama akan berupaya untuk mengawal dan memfasilitasi kerja sama agar dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, KJRI Osaka akan melakukan sosialisasi dan pendekatan dengan pemangku kepentingan terkait agar tujuan kerja sama untuk menghasilkan manfaat bagi masyarakat dapat terwujud.(lysmar)

 

(Sumber: KJRI Osaka/Kemlu RI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update