Notification

×

Iklan

Iklan

KBRI Helsinki gelar Seminar “Exploring the Ecosystem: From Finland to Bandung"

Kamis, 11 Februari 2021 | 12:27 WIB Last Updated 2021-02-11T05:27:47Z


Jakarta.Internationalmedia.id.- Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan rintisan (startups) merupakan salah satu penggerak industri kreatif dan perekonomian suatu negara.

 

KBRI Helsinki bekerja sama dengan Startup Bandung selenggarakan seminar daring “Exploring the Ecosystem: From Finland to Bandung" (10/02/2021) menghadirkan narasumber dari Business Finland untuk memaparkan peluang dari Finlandia.

 

Seminar daring ini bertujuan untuk benchmarking ekosistem startup, memperluas jaringan, dan membuka peluang startup Indonesia ke Finlandia.

 

Duta Besar Indonesia untuk Finlandia, Ratu Silvy Gayatri menyampaikan bahwa Indonesia memiliki banyak talenta di bidang teknologi dan bisnis, namun diperlukan suatu ekosistem startup yang kondusif untuk memaksimalkan potensi yang ada.

 

Dikatakan, kerja sama pengembangan startup Indonesia dengan Finlandia dapat dilakukan dengan berbagi pengalaman dan praktek kedua negara.

 

Senior Advisor, Start-Up Companies, Business Finland, Annamari Soikkeli menyampaikan bahwa ekosistem startup di Finlandia memiliki 3 (tiga) karakteristik, yaitu, 1) budaya wirausaha yang saling mendukung satu sama lain; 2) pendidikan di Finlandia bebas biaya hingga jenjang pendidikan tinggi yang menciptakan banyak tenaga terampil dan pengusaha; serta 3) pandangan bahwa kegagalan bukan merupakan hal yang harus dihindari, melainkan sebuah proses berwirausaha yang dihargai di masyarakat.

 

Di samping itu, narasumber juga menyampaikan peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan dari Finlandia oleh startup Indonesia, yaitu berbagai layanan Business Finland, Startup Permits, Element of Artificial Intelligence (kursus bebas biaya), NewCo Helsinki (business advisory), Aalto Ventures Program, Kiuas (startup accelerator), Health Incubator Helsinki, Red Brick coaching and mentoring, dan peluang-peluang lainnya.(marpa)

 

(Sumber: KBRI Helsinki)​

 

×
Berita Terbaru Update