Notification

×

Iklan

Iklan

Hamburg Lirik Prioritas Kerja Sama Dengan Indonesia di Bidang Pelabuhan, dan Start Up

Kamis, 18 Februari 2021 | 17:49 WIB Last Updated 2021-02-18T10:49:22Z

KJRI Hamburg, Ardian Wicaksono

Jakarta. Internationalmedia.id.-Pemerintah Kota Hamburg tertarik akan potensi kerjasama dengan Indonesia di bidang pelabuhan, industri maritim, energi baru terbarukan dan start up.

 

Hal ini terungkap dalam pertemuan virtual Konjen RI Hamburg, Ardian Wicaksono dengan Kepala Divisi Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Ekonomi dan Inovasi Negara Bagian Hamburg, Kolja Harders pada Selasa (16/02/2021).

 

Dalam pertemuan tersebut, Konjen Ardian menyampaikan update mengenai Indonesia dalam penanganan COVID-19, hubungan perdagangan Indonesia-Hamburg, potensi investasi di Indonesia, special economic zones, start up serta kerja sama pelabuhan. Konjen Ardian dan Kolja Harders juga menyatakan bahwa “perlu langkah kerja sama yang fokus dan konkrit antara Indonesia dan Hamburg untuk meningkatkan hubungan yang telah terjalin baik selama ini".

 

Harders menyampaikan bahwa kerja sama tersebut dapat dimulai melalui kerja sama pelabuhan, industri maritim, digitalisasi logistik, energi terbarukan (bahan bakar hidrogen) dan startup.

 

Menurut Harders, yang pernah melakukan kunjungan ke Indonesia pada tahun 2019, ke lima bidang tersebut sangat potensial dan membawa multiplier effect ke sektor industri lainnya. Kerja sama dengan negara-negara bagian lain di Jerman bagian utara seperti Bremen, Niedersachsen dan Schleswig-Holstein yang berbatasan dengan laut juga penting kerena saling terkoneksi satu sama lain dan dapat memperbesar cakupan kerja sama.

 

“Dalam rangka pengurangan emisi, hidrogen sangat dibutuhkan di Hamburg. Oleh sebab itu kami perlu impor hidrogen dari tempat lain, termasuk Indonesia," tutur Harders saat menyampaikan potensi kerja sama bahan bakar hidrogen. Selain itu, perlu dijajaki kerja sama digital hub untuk logistik, industri maritim dan pelabuhan termasuk start up.

 

Di akhir pertemuan, Konjen RI Ardian dan Kolja Harders sepakat untuk menindaklajuti pertemuan tersebut dengan proyek konkret yang menghubungkan institusi terkait di Indonesia dan Hamburg. Konjen RI Ardian juga tidak lupa mempromosikan Indonesia sebagai “Partner Country" pada pameran Hannover Messe 2021 yang akan diadakan secara digital pada 12-16 April 2021.(lysmar)

×
Berita Terbaru Update