-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Arabika Gayo Bembeng Family Aceh, Kopi Paling Disukai di Finlandia

Selasa, 16 Februari 2021 | 2/16/2021 WIB Last Updated 2021-02-16T03:07:47Z

Uji rasa 4 kopi asal Indonesia di Finlandia

Jakarta.Internationalmedia.id.-Untuk memperkenalkan berbagai jenis kopi specialty Indonesia single origin sesuai dengan selera minum kopi masyarakat Finlandia, KBRI Helsinki bekerja sama dengan Mokkamestarit selenggaraka uji rasa (coffee tasting) berbagai kopi asal Indonesia, Senin,(15/02/2021).

 

Konsumsi kopi di Finlandia tinggi dengan rata-rata 14 kg per orang/tahun. Duta Besar Indonesia untuk Finlandia, Ratu Silvy Gayatri menekankan pentingnya Indonesia mempromosikan berbagai kopi Indonesia yang disesuaikan dengan cita rasa lokal serta memenuhi standar dan nilai-nilai sosial seperti pembangunan berkelanjutan, pemberdayaan masyarakat terutama wanita (women empowerment), serta pelestarian lingkungan.

 

Uji rasa dilakukan terhadap 4 kopi asal Indonesia, yaitu Arabika Gayo Bembeng Family produksi Koperasi Ketiara Aceh, Arabika Umang Super produksi Koperasi Ketiara Aceh, ava Black Honey Preanger dari Koperasi Produsen Kopi Margamulya Jawa Barat dan Arabika Solok Wet Hull Sumatra produksi Roastery Libertad Union Jakarta.

 

Hasilnya Arabika Gayo Bembeng Family adalah kopi yang paling disukai karena memiliki rasa yang fruity, memiliki tingkat keasaman tinggi dan good mouth feel.

 

Uji rasa ini dilakukan dengan 2 (dua) alat seduh manual, yaitu Chemex dan Filter Kopi, serta melibatkan para ahli kopi dan pemilik Mokkamestarit, Reija Paakinen dan Mika Hannuniemi.

 

Mokkamestarit adalah salah satu specialty coffee roastery yang tertua dan terbesar di Finlandia sehingga sudah sangat memahami selera pasar Finlandia.

 

Mokkamestarit saat ini menjual Kopi Arabika Gayo Indonesia dalam koleksi specialty kopinya. Pihak Mokamestarit berharap kegiatan uji rasa ini dapat dilakukan kembali dengan jenis-jenis kopi lainnya.

 

Ke depannya, KBRI Helsinki berencana melakukan uji rasa kopi dengan melibatkan para roaster lokal dan jenis kopi lainnya.(lysmar)

 

(Sumber: KBRI Helsinki)​

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update