Notification

×

Iklan

Iklan

Diduga, Banjir Bandang Gunung Mas Bogor karena kerusakan Hulu Sungai

Kamis, 21 Januari 2021 | 06:38 WIB Last Updated 2021-01-20T23:38:54Z

Wagub Jabar, uu Ruzhanul Ulum sampaikan bantuan kepada pengungsi

Kab.Bogor,Internationalmedia.id.-Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menduga banjir bandang Gunung Mas Puncak Kabupaten Bogor akibat adanya kerusakan di hulu sungai

 

Wagub belum mendapat jawaban dari Pemerintah Kabupaten Bogor terkait penyebab pasti terjadinya banjir bandang Gunung Mas Puncak Bogor.

 

 "Saya bertanya pada pemerintah apa penyebab banjir.Tidak bisa dijawab. Tetapi menurut kami, kenapa ada banjir yang datang begitu besar, mungkin saja tapi ini mungkin ya, karena adanya kerusakan di hulu sungai," kata Uu usai mengunjungi pengungsi banjir bandang di Gunung Mas Puncak Bogor, Rabu (20/1/2021).

 

"Biasanya air turun dari langit kemudian ditampung di daerah tersebut, namun karena satu hal sehingga airnya langsung ke bawah, dan melimpah airnya begitu besar. Kemudian, tersumbat karena ada longsoran, kemudian jebol akhirnya terjadi banjir bandang.

 

Kami harap, di Jawa Barat ini yang terakhir bencana, karena kemarin-kemarin sudah terjadi di Sumedang, Garut dan lain-lain," tambahnya.

 

Wagub Jabar bersama Forkopimda mengunjungi pengungsi korban banjir bandang yang kini menempati vila-vila di dalam kawasan Agro Wisata Gunung Mas Puncak.

 

Selain memberikan bantuan, pengungsi juga diingatkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

 

Dikatakan, sejauh ini penanganan pengungsi di lokasi banjir bandang Gunung Mas Puncak Bogor relatif baik. Pengungsi, ditempatkan di tempat yang representatif.

 

"Tempat penampungan pengungsi cukup representatif, ya. Biasanya kita menampung pengungsi di GOR, mesjid dan tempat lain, di sini karena ada vila, jadi pengungsiannya sangat refresentatif," kata Uu di lokasi penampungan korban banjir bandang Gunung Mas Puncak Bogor.

 

Pemprov Jabar juga sudah melakukan pemetaan daerah bencana di Jawa Barat. Bencana alam yang terjadi, kata Uu, terjadi di titik-titik yang sama dengan titik bencana sebelumnya.

 

"Lokasi banjir sebenarnya di Jawa Barat itu daerahnya itu-itu juga yah, kayak Sukabumi, kemudian juga Garut, kemudian wilayah Jabar bagian priangan timur, seperti itu dan ini semua sebenarnya sudah kami petakan, cuma kami tidak bisa memprediksikan dimana dan kapan bencana itu terjadi,".

 

"Tetapi secara global, wilayah Bogor ini seperti kita tahu karena lokasinya banyak pengunungan, dan juga situasi seperti ini sudah terprediksi sebenarnya. Apalagi kita sering rapat beberapa kali dengan BMKG, dan juga ini semua sudah terprediksi, mudah-mudahan tidak ada lagi bencana-bencana susulan," kata Uu mengakhiri.(Ter)

×
Berita Terbaru Update