Notification

×

Iklan

Iklan

Plt. Bupati bersama Direktur Perbenihan tinjau Posko Food Estate Humbang Hasundutan

Jumat, 06 November 2020 | 10:46 WIB Last Updated 2020-11-06T03:46:05Z



Plt Bupati, Saut Parlindungan Simamora bersama Direktur Perbenihan

Doloksanggul.Internationalmedia.id.
- Plt. Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindugan Simamora bersama Direktur Perbenihan Direktorat Hortikultura Kementerian Pertanian, Ir. Sukarman meninjau Posko Food Estate sekaligus mensosialisasikan percepatan pertanaman komoditi Bawang Merah, Bawang Putih dan Kentang kepada Kelompok Tani (Poktan) penerima bantuan Desa Riaria, Kecamatan Pollung (5/11).

 

Plt Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindugan Simamora mengapresiasi kinerja semua pihak yang berupaya dalam mensukseskan Pengembangan Program Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan.Sebagai warga Humbang Hasundutan wajar mensyukuri bahwa kabupaten kita ini menjadi yang pertama dalam Pengembangan Program Food Estate.

 

Kita juga sudah melihat bagaimana keseriusan pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat ketika kunjungan Presiden RI, Ir. Joko Widodo ke daerah kita dimana presiden memberikan sertifikat tanah kepada masyarakat Humbang Hasundutan.

 

Dalam arti hukum sertifikat itu sudah menjadi milik kita, tetapi jangan untuk di jual. Jadi kalau kita akan menanam bawang merah, bawang putih dan kentang ini sudah bisa kita jelaskan bahwa ini milik kita sendiri.

 

Dengan sertifikat ini, Bapak/ Ibu sudah bisa mengajukan permhonan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang sangat kecil sekitar 6% per tahun. Saya sebagai pengusaha dulu, rata-rata bunga itu 12,5 s/d 13,5 % sudah termasuk provisi. Jadi bantuan pemerintah sudah sangat luar bisa.

 

Bapak/Ibu dengan adanya Food Estate ini maka akan meningkatkan pendapatan para petani kita dengan bergabung pada Kelompok Tani. Kalau tanaman kita ini produksi dan baik, pemerintah juga akan menutup kran import dengan demikian harga akan naik dan pendapatan kita akan meningkat. Oleh karena itu kepada kelompok tani mari kita benar-benar bekerja dan mendukung Pengembangan Program Food Estate serta mengikuti arahan, bimbingan dari pemerintah, pinta Saut Parlindungan.

 

Direktur Perbenihan Direktorat Hortikultura Kementerian Pertanian, Ir. Sukarman dalam sosialisasi percepatan pertanaman komoditi hortikultura menyampaikan bahwa tujuan Food Estate ini adalah untuk meningkatkan kesadaran para petani di dalam bertani, karena hasilnya nanti adalah untuk para petani.

 

Oleh karena itu, keberhasilan dari Food Estate ini kembali kepada Bapak/ Ibu sekalian. Jangan sia-siakan kesempatan ini, tidak akan datang dua kali, kalau ini berhasil berikutnya juga akan berhasil.

 

Sosialisasi ini juga memotivasi para petani yang tergabung dalam kelompok tani untuk percepatan pertanaman komoditi hortikultura. Hadir pada kegiatan ini, Staf Ahli, Remon Pakpahan, S.Pd, Camat Pollung, Kepala Desa Riaria dan Kelompok Tani dari Desa Riaria. Usai sosialisasi, rombongan meninjau alsintan berupa kendaraan roda 3 (viar) dan gudang benih serta Dolomit.(Rel/Ung)

×
Berita Terbaru Update