Notification

×

Iklan

Iklan

KBRI kembali fasilitasi kepulangan 22 orang PMI dari Aljazair

Selasa, 17 November 2020 | 17:05 WIB Last Updated 2020-11-17T10:05:23Z


Jakarta.Internationalmedia.id.-
KBRI Alger kembali memfasilitasi kepulangan 22 orang WNI yang merupakan Pekerja Migran Indonesia(PMI) yang sempat terkendala karena penutupan pintu keluar dan masuk Aljazair (16/11/2020). Para PMI merupakan karyawan perusahaan Jiacheng di Alger dan Oran serta Groupe Bourouag Construction (GBC) di Constantine.

 

Sebelum kepulangan, KBRI juga memfasilitasi pelaksanaan Tes PCR 2 hari sebelum keberangkatan bagi semua PMI sesuai dengan ketentuan dan prosedur di Aljazair. Hasil tes para WNI tersebut dinyatakan negatif COVID-19.

 

Sebagai informasi bahwa mengingat kondisi perbatasan Aljazair yang masih ditutup maka satu-satunya pilihan adalah dengan mengunakan pesawat repatriasi. Namun hal ini ada konsekuensi dimana harga tiket menjadi 2 kali lipat dari harga tiket normal.

 

Kondisi ini dikomunikasikan dengan PMI dan perusahaan sehingga selisih kekurangan pembayaran tetap menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing PMI.

 

Hingga saat ini masih belum ada informasi resmi dari Pemerintah Aljazair mengenai kemungkinan dibukanya kembali perbatasan. Salah satu maskapai dari Qatar dalam siaran pers pada 11 November lalu menyebut akan melakukan penerbangan ke Alger dan hal ini akan terus dipantau oleh KBRI.

 

Kemungkinan adanya penerbangan reguler ini tentu akan membuat harga tiket kembali ke titik wajar sebelum adanya pandemi. Saat ini, sudah ada program pemulangan PMI yang dijadwalkan pada akhir November ini bagi sekitar 14 orang PMI.(lysmar)

 

(Sumber: KBRI Alger)
×
Berita Terbaru Update