-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Hari Sumpah Pemuda, KBRI Doha Selenggarakan Webinar

Selasa, 27 Oktober 2020 | 10/27/2020 WIB Last Updated 2020-10-27T03:45:35Z

Webinar sambut Hari Pemuda di Doha Qatar

​Jakarta.Internationalmedia.id.-
Sekitar 105 peserta dari Qatar, Indonesia dan negara lain mengikuti webinar untuk merayakan keberagaman dan mempromosikan nasionalisme di kalangan pemuda Indonesia.

 

Bertajuk 'Membayangkan Kembali Sumpah Pemuda: Peran Diaspora Muda Indonesia di Abad ke-21'. Webinar tersebut digelar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 pada 28 Oktober 2020, diselenggarakan oleh KBRI Doha bekerja sama dengan Perhimpunan Masyarakat Indonesia di Qatar (PERMIQA) dan Persatuan Pelajar Indonesia di Qatar (PPIQ).

 

Menurut penyelenggara, Hari Sumpah Pemuda dianggap salah satu acara terpenting dalam mewujudkan nasionalisme bangsa Indonesia dan perjuangannya melawan penjajahan. Pada 28 Oktober 1928, sekelompok anak muda dari berbagai organisasi dan mewakili suku, status sosial dan agama yang berbeda berkumpul di Jakarta untuk mendeklarasikan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa: Indonesia.

 

“Hari Sumpah Pemuda penting bagi masyarakat Indonesia setidaknya karena dua alasan. Pertama, sebagai pengingat bagi bangsa untuk menjaga persatuan, dan yang kedua adalah ajang bagi negara untuk merangkul kebhinekaan, ”kata Maulana Syahid, Charge d'Affaires di KBRI.

 

Saat ini terdapat 16.690 WNI yang tinggal dan bekerja di Qatar. PERMIQA (Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar), yang secara aktif mewakili masyarakat dalam acara-acara penting setempat, adalah organisasi non profit yang berfungsi sebagai organisasi payung bagi sekitar 62 kelompok komunitas Indonesia yang berbeda di Qatar yang melayani berbagai minat seperti olahraga, seni dan budaya, dan hobi. Organisasi ini juga bekerja sama dengan kedutaan untuk mengadakan acara yang melibatkan warga negara Indonesia.

 

PPIQ (Perkumpulan Pelajar Indonesia di Qatar) adalah organisasi nirlaba yang beranggotakan pelajar Indonesia yang sedang belajar di Qatar. Keanggotaannya terbuka untuk semua pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi jangka panjang di salah satu sekolah / universitas lokal di Qatar.

 

Ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar pelajar Indonesia di Qatar serta untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan komunitas lain di Qatar dan membantu mempromosikan budaya Indonesia, warisan kuliner dan pariwisata kepada masyarakat lokal di Qatar serta menginspirasi setiap siswa di Indonesia untuk terus mengejar hasrat dan impian mereka.(marpa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update