-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Plt Bupati Humbang Hasundutan Panen Jagung di Lintong Nihuta

Rabu, 21 Oktober 2020 | 10/21/2020 WIB Last Updated 2020-10-21T09:09:33Z

Panen Jagung di Lintong Nihuta

Doloksanggul.Internationalmedia.id.-
Plt. Bupati Humbahas, Saut Parlindungan Simamora Panen jagung bersama Kelompok Tani (Poktan) Sepadan di Desa Nagasaribu III Kecamatan Lintong Nihuta (20/10/2020) dengan hasil memuaskan mencapai 6 s/d 7 ton per ha.

 

Turut hadir pada panen ini, Staf Ahli Bupati Remon Pakpahan, S.Pd, Kadis Pertanian Ir. Junter Marbun, Kadis Kominfo Drs. Hotman Hutasoit, Kabag Kesra Jakkon Marbun, Kabid TPH Dinas Pertanian, Yonepta Habeahan dan sejumlah staf.

 

Plt. Bupati mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kelompok Tani yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh mengelola jagung dengan baik sehingga bisa panen dengan hasil memuaskan, mencapai 6 s/d 7 ton per ha. Produksi ini tidak lagi hanya mimpi tetapi sudah realita, istilahnya modal dan tenaga kerja yang dikeluarkan dibanding hasil sudah memuaskan.

 

Harga juga dijamin Pemerintah. Sementara itu, Kadis Pertanian Ir. Junter Marbun menyebutkan bahwa petani saat ini sudah fokus dengan program prioritas Pemkab Humbang Hasundutan yaitu Bawang Merah, Bawang Putih, Jagung, Kentang dan Kopi.

 

Dalam pertanaman jagung, petani kita juga sudah mengikuti saran dan cara-cara menanam jagung yang disampaikan oleh penyuluh pertanian sehingga bisa terjaga kualitas dan hasilnya pun sudah cukup memuaskan.

 

Humbang Hasundutan telah mempraktekkan jaminan harga yaitu Rp. 3.150 jagung kering per kg, saat ini disampaikan oleh Poktan bahwa harga saat ini mencapai Rp. 3.500 s/d Rp 3.700 jagung kering per kilogramnya.

 

Usai panen jagung, rombongan juga meninjau panen bawang putih dan bawang merah yang rencananya akan dijadikan bibit. Dengan demikian para petani sudah swakelola untuk memperoleh bibit bawang merah dan bawang putih.

 

Ketua Kelompok Tani Sepadan, Hotben Hutasoit mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemkab Humbang Hasundutan yang membimbing dan membantu kelompok tani dalam pertanaman jagung ini. Hotben Hutasoit, menyampaikan testimoni bahwa program pertanaman jagung terbukti menguntungkan petani.(Ung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update