Notification

×

Iklan

Iklan

2 Ekor Babi Paling Jelek di Dunia Tiba di Kebun Binatang London

Minggu, 16 Agustus 2020 | 16:12 WIB Last Updated 2020-08-16T09:12:42Z
Dua babi rusa asal Indonesia bernama Budi dan Beth jadi penghuni baru Kebun Binatang London. (foto: BBC)

Jakarta.Internationalmedia.id.- Kebun Binatang London menyambut kedatangan ‘demon pigs’ pertama mereka, yang dijuluki babi paling jelek di dunia.

Sepasang babi rusa tak berbulu, bernama Budi dan Beth, disamakan dengan makhluk dari buku Harry Potter karya JK Rowling.

 “Dengan kulit abu-abu keriput dan moncong basah yang panjang, tidak ada yang bisa menyebut babi babi rusa cantik,” kata penjaga kebun binatang, Hannah Joy dilansir dari Daily Mail, Minggu (16/8).

Faktanya, kata dia, nama panggilan tradisional mereka sama sekali tidak baik, orang yang tinggal bersama mereka di Indonesia menyebutnya babi tikus atau babi setan, karena taringnya yang panjang dan cacat, yang sebenarnya adalah gigi yang tumbuh melalui hidung yang melengkung ke belakang.

"Budi memiliki ciri-ciri yang sangat mirip Lupin, sementara Beth mirip dengan Dobby dan seperti karakter-karakter terkenal itu. Mereka benar-benar telah memenangkan hati kita semua. Cara mereka mengibaskan ekor panjang berserabut ketika mereka bahagia adalah suatu kegembiraan untuk dilihat,” kata Joy.

Hewan-hewan itu tiba di London Jumat lalu, kurang dari sebulan setelah kebun binatang membuka kembali gerbangnya setelah tiga bulan dikunci.

Mereka akan menghabiskan beberapa minggu pertama untuk menetap di sarang off-show mereka sebelum mereka mulai bertualang di luar di mana pengunjung dapat melihat mereka.

Mereka datang ke kebun binatang sebagai bagian dari program pemuliaan internasional penting untuk spesies tersebut, yang digolongkan sebagai ‘rentan’ di alam liar karena hilangnya habitat dan diburu untuk perdagangan daging hewan liar.

Beth baru saja menginjak usia dua tahun sementara Budi baru berusia satu tahun dan akan tumbuh besar dengan gading spiral yang menjadi ciri babi jantan.

“Mereka mungkin bukan satwa Indonesia yang paling fotogenik, tapi babi rusa memang memainkan peran penting dalam ekologi hutan, membalik tanah dan menyebarkan benih saat mereka mencari makan,” sambung Joy.

“Orang-orang mungkin mengatakan, Budi dan Beth memiliki wajah yang hanya dapat disukai Newt Scamander, tetapi mereka benar-benar makhluk yang luar biasa yang membutuhkan bantuan kami dan Anda dapat menemukannya di Kebun Binatang London,” tambah Joy.(*)

×
Berita Terbaru Update