Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Pelayanan, Pelabuhan Kuala Tanjung Dapat Tambahan Kapal Tunda Canggih

Kamis, 02 Juli 2020 | 17:30 WIB Last Updated 2020-07-02T10:34:40Z
Kapal Tunda Hang Tuah
INTERNATIONALMEDIA.ID.- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 mendatangkan/menambah satu unit kapal tunda (tug boat) KT Hang Tuah VIII.

Ini dimaksudkan,untuk meningkatkan pelayanan terhadap kapal yang keluar masuk usai bongkar muat di Pelabuhan Kuala Tanjung.

Ka Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami, melalui siaran persnya yang diterima wartawan, Kamis (2/7/2020)lebih jauh menjelaskan,kapal tunda yang merupakan produksi, PT Citra Shipyard Batam tersebut, memiliki panjang 30 meter, dilengkapi dua unit mesin induk dan Steerable Rudder Propeller (SRP) dan masing-masing mesin induk memiliki daya kekuatan 1800 HP pada putaran 750-1000 RPM.

Selain itu, KT Hang Tuah VIII juga dilengkapi teknologi baru, e Integrated Bridge System (IBS) dan Alarm Monitoring System (AMS) yang dapat mengendalikan peralatan dalam satu konsol.

Juga dapat memonitor kondisi kapal secara menyeluruh terutama untuk mesin utama dan pendukung, sistem propulsi (penggerak), mampu menghemat biaya operasional menjadi semakin efisien, serta dapat memantau penggunaan bahan bakar secara akurat.

Dikatakan, operasionalnya untuk mendukung layanan jasa penundaan kapal-kapal yang masuk ke pelabuhan Kuala Tanjung, merupakan wujud komitmen Pelindo 1 untuk terus meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa serta membuat operasional logistik di pelabuhan yang dikelola Pelindo 1 semakin efisien dan aman,katanya.

Dengan penambahan tersebut, saat ini Pelindo 1 memiliki 22 unit kapal tunda yang dioperasionalkan di Pelabuhan Belawan, Kuala Tanjung, Dumai, Batam, Tanjung Balai Karimun, Malahayati dan Lhoksemawe, yang berfungsi untuk mendorong kapal yang hendak bersandar di dermaga maupun menarik kapal ke luar dari dermaga.(*)

×
Berita Terbaru Update