Notification

×

Iklan

Iklan

Kapal Gandha Nusantara 15 bantuan Kemenhub untuk Sorong Papua Dioperasikan

Selasa, 14 Juli 2020 | 08:58 WIB Last Updated 2020-07-14T02:13:39Z
KM Ghana Nusantara 15 dioperasikan
Jakarta.Internationalmedia.id.- Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi mengoperasikan KM Gandha Nusantara 15 guna melayani masyarakat di Kota Sorong, Papua Barat.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sorong, M. Takwin Masuku di Sorong, Selasa, mengatakan bahwa KM Gandha Nusantara 15 merupakan bantuan perhubungan laut atas permintaan Wali Kota Sorong guna melayani transaksi umum masyarakat di wilayah kepulauan.

Dikatakan, permintaan Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong dua unit kapal, namun baru diwujudkan satu unit. KM Gandha Nusantara 15 tersebut mampu memuat 10 ton barang dan 80 penumpang.

KM Gandha Nusantara 15 telah resmi dioperasikan oleh PT Pelni cabang Sorong yang melayani trayek pendek pusat Kota Sorong menuju Pulau Ram, Pulau Soop, dan Pulau Jefman.

Ia mengatakan kapal tersebut tidak melayani penumpang menuju ke Pulau Doom karena akan mematikan kapal tradisional milik masyarakat setempat.

"Pelayanan pertama selama seminggu adalah pelayanan gratis, selanjutnya akan dibuat tarif bagi penumpang serta barang sesuai trayek pulau yang telah ditentukan," ujarnya.

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau mengatakan bahwa penduduk Kota Sorong tidak hanya tinggal di satu daratan tetapi menyebar sampai di pulau-pulau kecil yang tentunya membutuhkan transportasi sebagai akses penghubung.

Karena itu, Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada Kemenhub kehadiran KM Gandha Nusantara 15 karena akan memperlancar pertumbuhan ekonomi masyarakat Sorong yang berupa kepulauan.

"Saya berharap trayek kapal ini diatur dengan baik agar tidak mematikan kapal tradisional masyarakat Pulau Doom yang sejak dulu kala memberikan manfaat ekonomi bagi kehidupan masyarakat," tambahnya.(*).

×
Berita Terbaru Update