-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Yahobu.... Ikan Laut Melimpah, Pembeli Sepi

Minggu, 05 April 2020 | 4/05/2020 WIB Last Updated 2020-04-05T07:01:34Z

Pasar Luaha Gunung Sitoli

GUNUNGSITOLI.Internationalmedia.id.-Saat ini ikan laut atau ikan basah dengan berbagai jenis di Pasar (Pajak) Luaha, salah satu lokasi pedagang ikan terbesar di Gunungsitoli Pulau Nias, melimpah namun pembelinya sepi.

Pedagang mengeluhkan sepinya pembeli beberapa waktu terakhir ini. Padahal stok ikan berbagai jenis sedang melimpah. Hasil tangkapan nelayan  dari laut juga cukup banyak.

Dari pengamatan  hari Minggu (5/4/2020), lapak pedagang dipenuhi ikan berbagai jenis seperti tongkol, kerapu, dencis dan hewan laut laut lainnya.

Sejumlah pedagang mengaku, sejak virus corona (Covid-19) merebak, pembeli ikan berkurang. Para pembeli takut keluar rumah dan pendapatan keluarga juga berkurang.

Jika keadaan normal, biasanya para pedagang bisa menjual ikan hingga 30 Kg dalam sehari. Saat ini paling banyak 10 Kg. Jadinya ikan sering lama di es menunggu terjual, sehingga harga menurun drastis.

Mereka berharap pandemi Covid-19 cepat berlalu agar aktivitas jual beli ikan laut kembali normal dan mereka dapat mencukupi kebutuhan keluarga yang kini semakin kesulitan ekonomi.

Sebagaimana diketahui Wilayah Kabupaten/Kota Nias yang berbentuk kepulauan sangat menguntungkan daerah ini akan hasil-hasil lautnya.

Nias juga dikenal sebagai penghasil perikanan laut yang cukup potensial. Hal ini didukung oleh wilayah laut yang luas, jenis ikan yang beragam dengan nilai pasar yang cukup tinggi. Penghasil ikan laut tersebar di setiap kecamatan yang memiliki wilayah pesisir pantai.

 Selama bertahun-tahun produksi perikanan yang terbesar dihasilkan oleh perikanan laut. Sedangkan perikanan darat masih kurang dikembangkan dengan baik di daerah ini.

Luas wilayah Nias adalah 5.625 Km2 atau 7,8 % dari luas Propinsi Sumatera Utara, terdiri dari 132 pulau besar dan kecil, yang dihuni 37 pulau dan yang tidak dihuni 95 pulau.(Mar)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update