![]() |
| Wamen Ekraf, Irene Umar, saat menyampaikan sambutan, dalam acara workshop yang berlangsung di Ballroom Thamrin Nine, Jakarta, Selasa(23/12)-dok ekraf |
Jakarta.Internationalmedia.id – Kemenekraf bersama Canva Indonesia, menggelar Workshop yang menyoroti pentingnya penguasaan visual dan desain sebagai bagian dari ekosistem ekonomi kreatif yang semakin digital.
Melalui sesi pengenalan dan praktik, peserta dibekali pemahaman tentang pemanfaatan Canva sebagai alat desain yang mudah diakses dan relevan bagi pelaku ekonomi kreatif lintas subsektor dalam menyampaikan ide secara efektif.
”Banyak ide kreatif tidak tersampaikan bukan karena kualitasnya, melainkan karena cara penyampaiannya belum tepat. Di sinilah peran visual menjadi krusial,” ujar Wamen Ekraf Irene Umar dalam acara yang digelar di Ballroom Thamrin Nine, Jakarta, Selasa(23/12/2025).
Lebih lanjut, Irene juga menyampaikan, “Canva bukan hanya alat kerja, tetapi alat untuk mengekspresikan ide, perasaan, dan nilai,” imbuhnya.
Menurut Wamen Ekraf, Kolaborasi Ekraf dan Canva ini menjadi langkah awal yang akan terus dikembangkan agar semakin banyak pelaku kreatif mampu mengomunikasikan gagasan mereka secara jelas, relevan, dan mudah dipahami.
Sementara itu, Country Manager Canva Indonesia Stefani Herlie menyampaikan bahwa kemitraan ini sejalan dengan misi Canva untuk memberdayakan semua orang agar dapat mendesain.
“Kemitraan Canva dengan Kementerian Ekonomi Kreatif mencerminkan visi bersama untuk membekali masyarakat Indonesia dengan keterampilan, alat, dan kepercayaan diri dalam dunia visual dan digital yang semakin kompetitif,” ujarnya.
Stefani menambahkan bahwa Canva berkomitmen mendukung pelaku ekonomi kreatif dalam memanfaatkan teknologi desain dan kecerdasan buatan untuk mempercepat proses kreatif, meningkatkan kualitas visual, serta memperluas peluang pengembangan usaha.
Sejumlah materi disampaikan kepada peserta, yaitu ; mendapatkan pengenalan dasar Canva, mulai dari navigasi antarmuka, penggunaan template, hingga pemanfaatan elemen desain untuk berbagai kebutuhan seperti media sosial, presentasi, poster, video, dan konten digital lainnya.
Workshop ini juga menyoroti fitur-fitur terbaru Canva berbasis kecerdasan buatan, seperti Magic Studio, Magic Write, Magic Edit, Magic Eraser, Magic Switch, serta Video 2.0 yang memungkinkan proses desain menjadi lebih efisien dan inovatif.
Sesi praktik dipandu oleh Syammas P. Syarbini selaku Canva Verified Expert, yang mengajak peserta langsung membuat desain dari nol, memanfaatkan fitur AI untuk mempercepat proses kreatif, serta memahami tips menjaga konsistensi identitas visual atau brand consistency.(RBS)
