Jakarta.Internationalmedia.id.-Dalam menghadapi masa Angkutan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) KAI Commuter terus berkomitmen untuk melayani penggunanya dengan sepenuh hati, mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.
Direktur Utama KAI Commuter, Mochamad Purnomosidi,
Jumat (19/12) menegaskan, pihaknya juga telah mempersiapkan berbagai langkah
untuk memastikan pelayanan optimal bagi masyarakat yang akan bepergian
menggunakan Commuter Line.
Purnomosidi menjelaskan, KAI Commuter telah menyiapkan
segala aspek, mulai dari sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal
lain-lain yang berkaitan dengan keselamatan dan pelayanan pengguna. “Secara
keseluruhan di seluruh wilayah operasional, KAI Commuter akan mengoperasikan
sebanyak 1.296 perjalanan Commuter Line setiap harinya,” kata Purnomosidi.
Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa angka tersebut mencakup 1.065 perjalanan Commuter Line Jabodetabek, 70 perjalanan Commuter Line Basoetta, dan 14 perjalanan Commuter Line Merak.
Sedangkan di
luar Jabodetabek meliputi 58 perjalanan Commuter Line di Wilayah Bandung, 41
perjalanan Commuter Line di Wilayah Yogyakarta, dan 50 perjalanan Commuter Line
di Wilayah Surabaya.
Total secara keseluruhan, kata Purnomosidi, KAI
Commuter memprediksi sebanyak 19.992.550 orang akan naik Commuter Line pada
masa Nataru ini, atau naik sebesar 3 persen jika dibanding masa Nataru tahun
lalu, yaitu sebanyak 19,4 juta lebih. Di Jabodetabek sendiri diprediksi
sebanyak 16,9 juta lebih pengguna yang akan menggunakan Commuter Line.
Selama masa Angkutan Nataru tahun ini, KAI Commuter
juga akan menyiagakan total sebanyak 6.037 petugas di seluruh wilayah yang
terdiri dari 4.078 Petugas Pengamanan, 896 Petugas Operasi KA, serta 1.336
Petugas Layanan Pengguna dan 163 petugas kesehatan.
Sementara itu, untuk menjamin keandalan operasional
sarana Commuter Line Jabodetabek, KAI Commuter juga menyiagakan petugas
troubleshooting atau teknisi yang disiagakan di seluruh lintas untuk melakukan
pemeriksaan dan perbaikan awal jika terjadi kendala pada sarana kereta saat
beroperasi.
Untuk layanan kepada pengguna, KAI Commuter juga akan
menambah fasilitas layanan seperti pemasangan tenda untuk tempat tunggu
pengguna, water station yaitu fasilitas air minum gratis, dan toilet portable.
“Sedangkan untuk memeriahkan peringatan Natal dan Tahun Baru, KAI Commuter juga
akan mendekorasi stasiun dengan ornamen tematik Natal di beberapa stasiun,”
Purnomosidi menambahkan.
Layanan Line Jabodetabek, Basoetta dan Merak
Pada kesempatan yang sama VP Corporate Secretary KAI
Commuter, Karina Amanda, menyampaikan untuk masa angkutan Nataru tahun ini
perjalanan Commuter Line Jabodetabek masih beroperasi normal mulai pukul 04.00
WIB sampai dengan 01.15 WIB. Dengan proyeksi pengguna sebanyak 16.900.110 orang
atau naik 3% dibanding angkutan Nataru tahun lalu diangka 16.414.378 orang.
Sementara itu, untuk pengguna Commuter Line Merak dan
Commuter Line Basoetta pada angkutan Nataru ini masing-masing memproyeksikan
pengguna sebesar 269.325 orang dan 106.614 orang, 2% lebih tinggi dari angkutan
Nataru tahun sebelumnya. “Jam operasional kedua Commuter Line tersebut masih
sama dengan saat ini beroperasi, dapat dicek melalui Access by KAI dan C
Access.
“Untuk kereta petani dan pedagang tetap akan
dioperasiakan selama Nataru ini , dengan 14 perjalanan per hari di satu kereta
yang dirangkaikan di Commuter Line Merak.” kata Karina.
KAI Commuter imbauannya kepada masyarakat yang hendak
bepergian menggunakan Commuter Line saat musim libur Nataru ini untuk selalu
mengutamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas.
“Terutama pengguna yang membawa anak, pastikan
anak-anaknya selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping
selama menggunakan Commuter Line,” tandas Karina. "Pengguna umum juga kami
harapkan agar tetap memprioritaskan ibu hamil, lansia, disabilitas."
Untuk update informasi tentang Commuter Line selama
masa Nataru 2025-2026 ini dapat melalui akun sosial media resmi KAI Commuter
@commuterline dan call center 121(*)
