Purwakarta.Internationalmedia.id.- SMAN 2 Purwakarta memberikan pelayanan kepada calon peserta didik yang mendaftar pada Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) Tahap 1, Selasa (10/6/2025). Pelayanan di hari pertama pembukaan SPMB tahap 1 tersebut meliputi informasi, pendampingan pendaftaran, dan pengaduan.
Kepala SMAN 2 Purwakarta, Kasidi menjelaskan, ketiga pelayanan tersebut disiapkan di tiga ruangan yang bebeda. Khusus untuk pelayanan pendampingan pendaftaran, sekolah sudah menyiapkan tiga ruangan bagi calon peserta didik. "Kita siapkan laptop dan panitia yang standby pun banyak, lebih dari lima orang untuk membantu pendaftar yang tidak punya handphone atau terkendala jaringan," katanya.
Ia memaparkan, guna mengantisipasi antusiasme masyarakat yang setiap tahun selalu memadati sekolah, pihaknya sudah menyiapkan susunan panitia dan berbagai ruang pelayanan sejak jauh hari. "Kita siapkan juga beberapa kali rapat persiapan untuk membuat tim dan memberikan pelayanan yang solid, baik dari segi administrasi ataupun penyediaan ruangan," terangnya.
Ia pun mengapresiasi kesiapan Dinas Pendidikan Jawa Barat (Jabar) yang sejauh ini server berjalan lancar. "Sampai sekarang alhamdulillah lancar, ruang informasi dan pelayanan pendaftaraan aman, tidak seperti tahun sebelumnya (sempat down)," imbuhnya.
Kasidi juga sangat berterima kasih atas komitmen Gubernur Jabar, Dedi Mulyadi yang menegaskan SPMB harus terlaksana transparan, adil, akuntabel, dan tidak ada titipan. "Ini yang membuat kami tenang, semua kepala sekolah, bukan saya saja," ujarnya.
Salah satu calon peserta didik, Akhmad Mubarok pun mengaku sangat terbantu dengan pelayanan yang diberikan SMAN 2 Purwakarta. "Mudah dapet informasi, jadi ngebuat kita langsung tahu," tutur siswa lulusan SMPN 1 Panang Enim tersebut.
Hal senada diungkapkan oleh wali Akhmad, Sumardi. "Pelayanan lumayan bagus, kita sangat terbantu. Cuma sekarang masih nunggu (antrean)," pungkasnya.(Ir)