Notification

×

Iklan

Iklan

60 Tahun UNCTAD Diperingati di Bandung

Selasa, 14 Mei 2024 | 20:40 WIB Last Updated 2024-05-14T13:40:57Z
Wamenlu RI,Pahala Nugraha Mansury dalam High Level Conference Peringatan 60 tahun United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) yang diselenggarakan di Bandung,Selasa,(14/5/2024)

Bandung.Internationalmedia.id.- Di tengah situasi dunia yang diwarnai persaingan geopolitik dan fragmentasi ekonomi, negara-negara berkembang perlu terus menyuarakan peningkatan kerja sama untuk kemajuan bersama. 

Demikian disampaikan Wamenlu RI, Pahala Nugraha Mansury, dalam High Level Conference Peringatan 60 tahun United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) yang diselenggarakan di Bandung,Selasa,(14/5/2024).

Kegiatan yang juga dihadiri Duta Besar negara sahabat, organisasi internasional, Kementerian/Lembaga, universitas dan masyarakat umum ini bertujuan untuk mendiskusikan peran UNCTAD dan mengidentifikasi peluang kerja sama yang dapat dimanfaatkan oleh Indonesia.

Dalam sambutan kunci pada acara yang bertema “Charting a New Development Course in a Changing World" tersebut, Wamenlu Pahala menyampaikan 5 poin utama yang perlu diperhatikan dalam menyusun agenda pembangunan global jangka panjang.

Pertama, perlunya penguatan integrasi dan kerja sama ekonomi. Wamenlu sampaikan bahwa jumlah hambatan dagang telah meningkat hampir 3 kali lipat sejak tahun 2019. Peningkatan tersebut bisa akibatkan pengurangan GDP global sebesar 7% dalam jangka panjang.

Secara khusus, Wamenlu sampaikan kekhawatiran atas maraknya hambatan dagang  dengan dalih lingkungan hidup atau green protectionism. UNCTAD diharapkan dapat berperan dalam menganalisa kebijakan diskriminatif ini dan dampak negatifnya terhadap negara berkembang.

Kedua, transisi energi berkeadilan dan transformasi ekonomi. Wamenlu sampaikan bahwa transisi energi dari bahan bakar fosil memerlukan sumber daya mineral kritis yang dimiliki oleh banyak negara berkembang.

Wamenlu tegaskan negara berkembang harus memperoleh manfaat maksimal dari pengolahan sumber daya mineral tersebut, melalui pengolahan yang dapat meningkatkan nilai tambah dan menjadikannya  bagian penting dari rantai pasok global.

Untuk itu, Indonesia mendukung pembentukan UN Secretary General's Panel on Critical Energy Transition Minerals (CETM). Diharapkan UNCTAD, sebagai co-lead dalam panel tersebut, dapat membawa perspektif negara berkembang dan memastikan keseimbangan antara hak pembangunan (right to development) dan keberlanjutan lingkungan.

Ketiga, memastikan akses terhadap pendanaan dan teknologi yang menjadi pendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan dan transisi berkeadilan. Wamenlu sampaikan bahwa negara berkembang memerlukan investasi sebesar 4 kali lipat sampai 2030 untuk capai net zero economy. 

Untuk itu, perlu mobilisasi pendanaan, baik dari pemerintah maupun pihak swasta, termasuk pembiayaan inovatif.

Wamenlu juga sampaikan perlunya dukungan pengembangan teknologi untuk negara berkembang, termasuk untuk pemrosesan mineral kritis, pengembangan energi terbarukan, dan semikonduktor. Dalam hal ini, UNCTAD dapat berikan dukungan dengan menyediakan tenaga ahli maupun pengembangan kapasitas.

Keempat, membangun rantai pasok yang lebih kuat. Wamenlu sampaikan situasi di Timur Tengah telah sebabkan disrupsi rantai pasok yang dapat memicu inflasi, kerawanan pangan, dan penurunan pertumbuhan bagi negara-negara berkembang.

Untuk itu, perlu penguatan dan diversifikasi rantai pasok, termasuk mencari alternatif sumber energi, pangan, dan komoditas lainnya; pengembangan teknologi untuk dukung produksi dalam negeri; serta pembangunan infrastruktur untuk perkuat konektivitas.

Kelima, kerja sama pembangunan. Wamenlu RI sampaikan pentingnya kerja sama pembangunan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan melalui kerja sama pembiayaan, pengembangan kapasitas, serta  pengembangan dan transfer teknologi.

Terkait ini, UNCTAD dapat terus memainkan perannya dalam memperkuat kerja sama pembangunan tidak hanya antara negara maju dengan negara berkembang, tetapi juga dalam kerangka kerja sama Selatan-Selatan.

Enam puluh Sembilan tahun lalu di Bandung (pada Konferensi Asia-Afrika), para pemimpin dunia mendorong kerja sama antar bangsa untuk kemajuan ekonomi dan sosial berdasar kesetaraan, kedaulatan, dan kepentingan bersama. 

Semangat ini perlu terus kita dorong dalam penyusunan agenda pembangunan ke depannya, tegas Wamenlu Pahala.

UNCTAD yang pendiriannya diinspirasi oleh semangat Konferensi Asia-Afrika di Bandung tersebut, diharapkan dapat terus mendukung dan menyuarakan berbagai kepentingan negara berkembang.

Salah satu wujud nyata kerja sama Indonesia dan UNCTAD adalah penyelenggaraan Workshop di Bandung pada tanggal 15 Mei 2024 tentang perumusan kebijakan transisi energi yang adil dan berkelanjutan, yang dihadiri para peserta nasional dan internasional dari berbagai latar belakang. 
Kementerian Luar Negeri akan terus konsisten mendorong agar UNCTAD memberikan dukungan nyata bagi pembangunan.(marpa)

×
Berita Terbaru Update