Notification

×

Iklan

Iklan

Sumedang Siap Sukseskan Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 20:34 WIB Last Updated 2024-02-10T13:34:47Z

Sumedang.Internationalmedia.id.-Pemkab Sumedang siap sukseskan Pemilu tahun 2024. Dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 diharapkan Sumedang Mantap alias aMan, Transparan, Akuntabel, Partisipasif. 

"Pemilu tahun 2024 saya harapkan dapat berjalan dengan lancar, saya juga meminta pengamanan di tiap TPS agar  penyelenggaran pemilu aman dan tentram,"ujar Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat  

Rakor Forkopimda  Kesiapan Tahapan Masa Tenang, Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu  di Ruang Kerja Bupati, Sabtu (10/2/2024). 

Herman menyebutkan, Pemilu 2024 merupakan jembatan untuk menghasilkan para pemimpin yang terbaik. 

"Pemda Kabupaten Sumedang harus  memastikan agar jembatan tersebut dapat berjalan baik, karena kalau jembatan ini bagus hasilnya akan bagus, pemerintahan akan bagus sehingga masyarakat  sejahtera akan lebih cepat terwujud," ujarnya.

Herman menghimbau, dalam pelaksanaan sebelum H-1 di tiap masjid untuk mengingatkan warga masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. 

"Kami koordinasi dengan MUI dan jajaran Dewan Mesjid untuk mengingatkan pada tanggal 14 untuk datang ke TPS dan kami juga harus pro aktif melakukan woro woro," katanya.

Dijelaskan, para camat harus  mengawal secara langsung agar Pemilu 2024 lebih optimal. "Sehingga seluruh masyarakat kabupaten Sumedang akan lebih aware akan pentingnya menggunakan hak suara sehingga angka partisipasnya bisa menembus 90%,"ujarnya.

Herman juga menambahkan kesuksesan Pemilu tahun 2024 tergantung dari peran Disdukcapil Kabupaten Sumedang. 

"Maka dari itu saya berharap Disduk proaktif terkait dengan kendala di lapangan  terutama masalah e-KTP sehingga masyarakat bisa melakukan hak pilihnya,"katanya.

Dandim 0610 Sumedang, Letkol Kav Cristian Gordon Rambu menjaga kondusivitas dalam Pemilu itu tentunya merupakan kewajiban semua pihak.  Forkopimda telah berkomitmen akan terus bersama masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu yang aman, tertib, dan kondusif.

Tak hanya itu, Dandim mengingatkan tentang potensi munculnya hoaks yang dapat mengganggu ketenteraman masyarakat. "Sebagai upaya untuk mengantisipasi hoaks, ujaran kebencian dan isu sara, pihaknya bersama Polres Sumedang telah menyiapkan tim khusus sebagai sarana komunikasi publik dan narasi yang dibentuk agar literasi masyarakat meningkat tentang Pemilu," katanya. 

Sementara itu, Ketua KPU Sumedang, Ogi Ahmad Fauzi mengatakan, penyelanggara Pemilu membantu melahirkan pemimpin masa depan. "Kami siap berkomitmen melaksanakan tugas untuk memfasilitasi masyarakat menjalankan haknya untuk memilih," katanya.(rel)

×
Berita Terbaru Update