Notification

×

Iklan

Iklan

Awali Tahun 2024, Bupati Samosir Lanjutkan Pelayanan “Bunga Desa”

Selasa, 30 Januari 2024 | 20:59 WIB Last Updated 2024-01-30T13:59:51Z
Bupati Samosir, Vandiko T Gultom mengawali program Bunga Desa

Samosir.Internationalmedia.id.-Bupati Samosir kembali melanjutkan pelayanan kepada masyarakat melalui Program Bunga Desa(Bupati Ngantor di Desa). Kali ini Bupati Samosir, Vandiko T Gultom melakukan pelayanan ke Desa Hutaginjang dan Desa Sigaol Marbun, Selasa,(30/01/2024).

Pendekatan Pelayanan kepada masyarakat sebagai salah satu upaya untuk membantu dan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan. Pemerataan pelayanan, sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan hal yang sama dari pemerintah Kabupaten Samosir. 

Berbagai Pelayanan gratis yang dilakukan di antaranya, pelayanan pengurusan Administrasi Kependudukan, pelayanan kesehatan gratis, BPJS Gratis, pelayanan KB,  penyuluhan stunting dan sosialisasi kekerasan perempuan dan anak.

Kemudian, penyuluhan UMKM  terkait manajemen usaha dan pengembangan aktivitas kerajinan masyarakat, Pengurusan perijinan berusaha,  pelatihan pembuatan pupuk organik/POP. 

Selain itu, Bupati Samosir juga memberikan bantuan pupuk organik kepada kelompok tani, bantuan pendidikan untuk memotivasi siswa berprestasi, bantuan bagi siswa yatim piatu.

Kehadiran Bupati Samosir disambut antusias masyarakat bersama tokoh masyarakat dari 2 desa tersebut.  

"Kami bersama masyarakat mengapresiasi dan bersyukur atas kehadiran Bupati Samosir, sudah menyempatkan waktu dan pikiran , semoga dengan kedatangan ini menambah pembangunan juga peningkatan SDM" kata Ropendi yang mengaku sejak menjabat sebagai Kepala Desa, baru kali ini dikunjungi Bupati. 

Ropendi meminta perhatian pembangunan jalan poros tengah sebagai penghubung Sigaol Marbun-Ronggurnihuta-Tomok. Dijelaskan, Desa Huta Ginjang memiliki banyak sejarah, sehingga perlu perhatian untuk menjaga dan merawat situs yang ada. 

Disamping itu, Ropendi meminta perhatian untuk pembangunan jalan dari Sigaol Marbun-Sitabotabo, pembenahan jalan dan sirtunisasi 9 jalan lingkungan sepanjang  1,5 Km, pembangunan jembatan Binanga Sipandangguri-Sitakko Asu dan jembatan sibarabara Binanga Siguluan. Untuk Perbaikan jalan melalui sirtunisasi, Ropendi mengatakan bahwa masyarakat sudah menyediakan lahan pengambilan sirtu. 

Bupati Samosir, Vandiko T Gultom menyampaikan kehadirannya untuk melihat langsung kondisi desa, berjumpa dan menampung keluhan masyarakat, memotong birokrasi yang panjang sehingga kebutuhan masyarakat dapat dieksekusi langsung. 

Diingatkan agar kepala desa dan perangkat desa untuk memahami tupoksi, dan benar-benar melayani masyarakat dengan tulus, demikian halnya antara kepala desa dan BPD dihimbau untuk bersinergi, menjalin komunikasi yang baik serta mengesampingkan ego sektoral demi pelayanan kepada masyarakat.

"Kami membawa pelayanan agar lebih dekat kepada masyarakat, semuanya bersifat gratis. Dengan kehadiran pelayanan maka biaya yang seharusnya dikeluarkan tidak perlu lagi dan sudah bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Saya berkomitmen terhadap apa yang sudah saya janjikan, yang pastinya demi masyarakat Kabupaten Samosir. Mari melayani masyarakat bersama-sama", imbuh Vandiko 

Dalam kesempatan ini Bupati Samosir memastikan bahwa seluruh kelompok tani di Kabupaten Samosir mendapatkan bantuan pupuk. Kegiatan ini dilaksankan dari tahun ke tahun dan akan terus dilanjutkan demi peningkatan perekonomian masyarakat dan sebagai solusi keterbatasan pupuk bersubsidi dari pemerintah. 

Sesuai komitmen dalam menjamin kesehatan masyarakat, Bupati Samosir memberikan pelayanan pengurusan BPJS gratis. "Posisi sekarang sudah mencapai  99 persen masyarakat kurang mampu mendapatkan BPJS dan buktinya sudah mendapat  penghargaan UHC", ungkap Vandiko. 

Dengan target pencapaian ini, masyarakat semakin mudah mendapatkan pelayanan kesehatan, cukup dengan membawa KTP dan pengurusan BPJS  bisa langsung aktif tidak perlu menunggu sampai 2 Minggu. (Ung)

×
Berita Terbaru Update