Notification

×

Iklan

Iklan

Guru dan Kepala Sekolah Dilatih Kurangi Risiko Bencana

Kamis, 09 November 2023 | 20:27 WIB Last Updated 2023-11-09T13:27:28Z

Sumedang.Internationalmedia.id.- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Indonesia  mengadakan Pelatihan Creative Hazard Education (CREDIO-L) seri Banjir dan Longsor. Kegiatan yang digelar di SMP Negeri 1 Cimalaka ini bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang Atang Sutarno mengatakan, pelatihan CREDIO-L ini dilaksanakan 2 hari, yakni Rabu (8/11/2023) dan Kamis (9/11/2023).

"Jumlah total peserta ada 100 orang, yang terdiri dari perwakilan guru-guru SD dan SMP, serta kepala sekolah se-Kabupaten Sumedang," kata Atang yang juga memberikan materi pelatihan di acara tersebut.

Atang mengatakan, pelatihan ini digelar dengan tujuan memberikan pengetahuan mitigasi bencana bagi para peserta. Hasil pelatihan diharapkan bisa bagikan lagi kepada peserta didiknya di tempat atau di sekolahnya masing masing.

"Kegiatan pelatihan CREDIO-L ini juga sebagai uji coba kurikulum Sistem Pendidikan Aman Bencana (SPAB) bagi Sekolah. Rancangan tim ahli dari FMIPA UI yang akan dikerjasamakan dengan Disdik Kabupaten Sumedang," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini digelar sebagai upaya pencegahan dan kesiapsiagaan masyarakat, terutama di lingkungan sekolah dalam menghadapi bencana khususnya bencana banjir dan tanah longsor. 

"Penting juga bagi warga sekolah untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana. Apalagi saat ini Sumedang memasuki musim hujan, sehingga kerawanan bencana lebih tinggi," katanya.

Selain pelatihan terkait bahaya bencana, dalam kegiatan itu juga disampaikan materi dengan tema Trauma Healing. "Dengan pelatihan ini diharapkan bisa mencegah bencana, tapi kalaupun sudah terjadi, resikonya bisa diminimalisir," ujarnya.(mar)

×
Berita Terbaru Update