Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir Berikan Pelayanan Gratis di Desa Sijambur

Kamis, 19 Oktober 2023 | 15:04 WIB Last Updated 2023-10-19T08:04:18Z

Samosir.Internationalmedia.id.-Bupati Samosir, Vandiko T Gultom bersama jajaran dan Dinas terkait berkantor di Desa Sijambur, Kamis,(19/9/2023).

Di sana Bupati memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat di antaranya, pelayanan pengurusan Administrasi Kependudukan, pelayanan  kesehatan, dan BPJS.

Selain itu, Bupati juga memberikan bantuan pendidikan untuk memotivasi siswa berprestasi, pelayanan KB,  penyuluhan stunting, pemberian bantuan untuk stunting, penyuluhan UMKM  terkait manajemen usaha dan pengembangan aktivitas kerajinan masyarakat.

Juga, pengurusan perijinan berusaha, penyuluhan penyakit rabies, pelatihan pembuatan pupuk organik/POP, dan pemberian bantuan pupuk organik kepada kelompok tani. Serta menyerahkan 1.000 ekor bibit ikan nila dan 2.000 batang kopi untuk masyarakat Desa Sijambur. 

Kehadiran Bupati juga mengunjungi pos-pos pelayanan untuk memastikan pelayanan berjalan dengan baik Berbagai pelayanan gratis berupa pengurusan dokumen yang menjadi kebutuhan masyarakat, diselesaikan dalam satu hari dan diserahkan langsung oleh Bupati Samosir.

Selain Bupati, hadir juga DPRD Samosir antara lain Jonner Simbolon, Saurtua Silalahi, Marco Simbolon, Polma Gurning, Nasib Simbolon, dan Staf Ahli Bupati Rudi SM Siahaan, Hut Isasar Simbolon, Asisten II Hotraja Sitanggang, Asisten III  Waston Simbolon, pimpinan OPD, Camat Ronggurnihuta Bresma Simbolon dan TBPP.

Turut hadir, DPRD Samosir antara lain Jonner Simbolon, Saurtua Silalahi, Marco Simbolon, Polma Gurning, Nasib Simbolon, dan Staf Ahli Bupati Rudi SM Siahaan, Hut Isasar Simbolon, Asisten II Hotraja Sitanggang, Asisten III  Waston Simbolon, pimpinan OPD, Camat Ronggurnihuta Bresma Simbolon dan TBPP. 

Kehadiran Bupati Samosir disambut hangat Tokoh Masyarakat Karben Sinaga bersama masyarkat, jajaran Pemerintah Desa dan Kecamatan Ronggurnihuta. 

Selain membawa pelayanan gratis dan penyerahan berbagai bantuan, Bupati Samosir menyebutkan untuk bertemu dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat, mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

"Kami membawa pelayanan dari Kabupaten ke desa sehingga bisa dinikmati seluruh masyarakat yang tinggal di Desa. Banyak pelayanan yang kami bawa dan seluruhnya gratis" kata Vandiko dihadapan masyarakat. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Samosir memberikan bantuan Pertanian berupa pupuk organik cair sebagai perangsang agar kelompok tani mau belajar membuat pupuk organik. 

Mengatasi keterbatasan Pupuk Kimia bersubsidi, Pemkab Samosir memberikan pelatihan kepada kelompok tani. Selain itu, Vandiko menyampaikan bahwa Pemkab Samosir akan membantu sertifikasi pupuk organik yang dihasilkan petani sehingga bisa dijual untuk meningkatkan ekonomi. 

"Saya pastikan seluruh kelompok tani mendapat bantuan pupuk organik.Bantuan ini sebagai perangsang agar petani mampu membuat sendiri, tolong sama-sama berlatih agar bisa memenuhi kebutuhan pupuk" kata Vandiko. (Ung)

×
Berita Terbaru Update