Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Toba Pinjam Pakai Alat dan Mesin Pertanian Untuk Tiga Kecamatan

Senin, 24 Juli 2023 | 20:42 WIB Last Updated 2023-07-24T13:42:49Z
Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus di atas traktor pinjam pakai

Balige.Internationalmedia.id.- Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus meminjam pakai alat  dan mesin pertanian(Alsintan) untuk tiga kecamatan yakni Kecamatan Borbor, Habinsaran, dan Nassau di Kantor Camat Borbror, Kabupaten Toba, Senin, 24 Juli 2023

Dihadapan para kelompok tani, penyuluh pertanian, para kepala desa dan staff kecamatan di Kecamatan Borbor, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus menyampaikan beberapa hal.

Bupati Poltak Sitorus menyinggung terkait permasalahan yang sedang atau bahkan akan terjadi dan kehadiran di tempat ini bukan hanya untuk serahkan alat bantu pertanian namun juga mencari apa saja masalah yang terjadi untuk dapat diselesaikan bersama.

Terkait permasalahan dilingkungan kelompok tani, saat Bupati Poltak Sitorus tanyakan langsung kepada perwakilan kelompok tani, ditemukan persoalan menyangkut subsidi pupuk yang belum tercukupi dan belum adanya alat bantu pertanian seperti traktor yang akan diterima saat ini.

Sedangkan bagi para penyuluh pertanian adanya persoalan bibit jagung yang susah didapatkan dan kalaupun ada harganya sangat mahal sementara untuk Kecamatan Borbor yang merupakan daerah kering, tanam jagung adalah hal yang paling berpeluang.

Mendengar hal tersebut, Bupati Poltak Sitorus berharap kedatangannya untuk mendengarkan berbagai persoalan ini dapat membantu mencari solusi terlebih untuk Kecamatan Borbor yang memiliki lahan tanam yang sangat luas dan pada kesempatan ini, Bupati yang turut didampingi Kadis Pertanian dan Ketapang akan berbagi jalan keluar untuk setiap persoalan yang terjadi.

Tidak lupa, Bupati Poltak Sitorus mengajak setiap yang hadir untuk dapat merubah mindset dan dapat belajar dari daerah yang lebih maju dengan cara melakukan revolusi mental melalui kepribadian Batak Naraja yang memiliki komponen "Namarugamo" dalam bentuk kepedulian.

"Miliki kepedulian dengan saling membantu dan berbagi," ucap Bupati Poltak Sitorus 

Komponen yang kedua adalah "Namaradat" dalam bentuk kesantunan, yang ketiga "Namaruhum" dalam bentuk kedisiplinan dan taat aturan dan yang terakhir "Namarparbinotoan" dalam bentuk kebijaksanaan.

" Lakukanlah apa yang kita ketahui meskipun itu sedikit, percuma kita miliki banyak pengetahuan namun tidak ada tindakan untuk membuat perubahan, oleh karena itu lakukan perubahan secara terus menerus" kata Bupati Poltak Sitorus menegaskan 

Untuk pengguna traktor yang akan diberikan, Bupati Poltak Sitorus mengatakan bahwa setiap pemilik lahan di tiga kecamatan dapat saling bergantian dalam penggunaannya.

Kadis Pertanian, TH Sitorus dalam kesempatan itu mengatakan bahwa pemanfaatan traktor peruntukannya bagi pemilik lahan di tiga kecamatan yakni Kecamatan Borbor, Habinsaran, dan Nassau.

Penggunaan traktor bersifat pinjam pakai dimana penggunaan alat mesin pertanian yang berasal dari pengadaan Dinas Pertanian akan dipinjam pakaikan hingga 31 Desember 2023 dengan Kecamatan Borbor sebagai penanggungjawab dan biaya sewa selama pemakaian adalah Rp. 30.000 per rantai lahan. 
Untuk pemakaian setelah 31 Desember akan dilakukan perubahan lebih lanjut.

Turut mendampingi Bupati Toba pada penyerahan alat bantu pertanian, Staff Ahli Bupati, Wallen Hutahaean, Kadis Pertanian, TH Sitorus, Kadis Ketapang, Sahat Manullang, Camat Borbor, James Pasaribu, Camat Nassau, Timbul Sipahutar, Camat Habinsaran, Sabam Pardosi, dan Koramil 15 Habinsaran, Y.P Tambunan.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update