Notification

×

Iklan

Iklan

Penumpang Kecewa, Keberangkatan Kereta Api Argo Parahyangan Bandung - Gambir Terlambat 1 Jam Lebih

Sabtu, 06 Mei 2023 | 20:13 WIB Last Updated 2023-05-06T13:26:44Z
Ratusan penumpang menunggu keberangkatan kereta api yang tertunda 1 jam lebih

Bandung.Internationalmedia.id..- Ratusan penumpang kereta api  Bandung-Gambir Jakarta, Sabtu,(6/5/2023) kecewa karena keberangkatan kereta api Argo Parahyangan terlambat 1 jam 20 menit.

Jadwal semula, kereta berangkat pukul 06.10 Wib, tertunda jadi pukul 07.28 Wib.

Keterlambatan ini membuat dari sejumlah penumpang yang mengejar waktu, ada juga yang mengembalikan atau membatalkan keberangkatan dengan menukarkan tiket yang dikembalikan utuh 100 persen.

Hal ini dilakukan karena adanya tawaran dari pihat KAI yang disampaikan lewat pengeras suara.

Namun banyak juga penumpang yang sabar menunggau jadwal tunda keberangkatan kereta api. Mereka menyadari hal ini bukan merupakan kesalahan dari KAI melainkan karena bencana alam.

Dari informasi yang diperoleh Internationalmedia.id yang kebetulan menggunakan jasa kereta api ini menyebutkan, keterlambatan keberangkatan karena terjadi longsor di jalur Sukatani Ciganea Kabupaten Purwakarta. Sehingga kereta dari Jakarta yang seyogianya mengangkut dari Bandung terhambat.

Petugas sedang memperbaiki jalur rel yang terkena longsor

Error

Sebelum penumpang masuk ke ruang tunggu pada pengambilan tiket di mesin cetak boarding pass terjadi antrian karena mesinnya error. 

Namun hal ini bisa diselesaikan para petugas dan Satuan Pengamanan KAI dengan baik dan bijak mempersilahkan para penumpang masuk ke ruang tunggu.

Untuk mengantisipasi keterlambatan pemberangkatan yang lebih lama lagi, maka KAI mengantisipasi dengan cepat dan tepat, memberangkatkan kereta api Malabar yang datang dari Malang menggantikan kereta yang ditunggu dari Jakarta.

Sebab menurut petugas bila menunggu kereta yang datang dari Jakarta bisa memakan waktu hingga 4 jam.

Sesuai dengan prediksi maka kereta berangkat meluncur pukul 07.28 Wib. Kereta Api Malabar yang dilebeli Argo Parahyangan itu tetap mengalami keterlambatan baru tiba di Gambir pukul 10.48 Wib. Jadi, jarak tempuh Bandung-Gambir 3 jam 20 menit.

Minta Maaf

Dalam Rilisnya, KAI menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya gangguan pada sejumlah perjalanan KA yang melalui relasi Purwakarta - Bandung /pp  akibat adanya gangguan operasional berupa longsoran tanah yang terjadi pada petak jalan antara Stasiun Sukatani - Stasiun Ciganea (Kabupaten Purwakarta)

Kejadian longsor terjadi di 3 (tiga) titik pada petak jalan tersebut, tepatnya terjadi di Kilo meter  111+000 s/d 111+400 yang mengakibatkan jalur Kereta tidak dapat dilewati. Longsor di sejumlah titik tersebut terjadi setelah sebelumnya terjadi curah hujan yang tinggi pada daerah tersebut sejak sore hari.

Atas kondisi sejumlah prasarana yang terdampak longsoran tersebut maka untuk keselamatan dan keamanan perjalanan KA, KAI melakukan sejumlah langkah perbaikan pada jalur rel yang terkena dampak longsor tersebut. 

Selain itu, guna pelayanan kepada para penumpang KA yang melalui relasi Purwakarta  - Bandung /PP pada malam ini, KAI melaksanakan pola operasi overstapen (berpindah perjalanannya sebagian atau seluruhnya) dengan memakai moda angkutan lain.(Ter)
×
Berita Terbaru Update