Notification

×

Iklan

Iklan

Open Turnamen Sepak Bola Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023 Resmi Dibuka

Senin, 08 Mei 2023 | 15:34 WIB Last Updated 2023-05-08T08:34:32Z
Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Wakil Bupati, Dr Era Era Hia bersama Unsur Forkopimda usai membuka secara resmi Open Turnamen Sepak Bola Bupati Nias Barat Cup 2023

Lahomi,Nias Barat.Internationalmedia.id.-Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu secara resmi membuka Open Turnamen Sepak Bola Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023, yang diselenggarakan di Lapangan Bola Kaki Tetesua Kecamatan Sirombu, Minggu (7/5/2023).

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengatakan,Turnamen Sepak Bola Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023 bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang meliputi peningkatan kualitas mental dan fisik.

Agar terbentuk generasi muda yang memiliki SDM yang berkualitas, fisik yang sehat, tangguh, tumbuh, berdaya dan berhasil guna melalui pelaksanaan olahraga, termasuk olahraga sepak bola.

Hal tersebut, sejalan dengan Misi ketujuh pemerintah Kabupaten Nias Barat yang termuat dalam RPJMD Tahun 2021-2026, yakni “Meningkatkan kualitas sumber daya manusia aparatur dan masyarakat yang lebih maju” dalam mencapai visi Nias Barat yang Bersih, Unggul dan Maju dengan slogan ”Soguna ba Zato”.

Selain itu, menurut Bupati Nias Barat pelaksanaan Turnamen Sepak Bola Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023 memiliki makna penting dan strategis bagi Kabupaten Nias Barat, meningkatkan prestasi dan daya saing daerah di bidang olahraga serta menjadi ajang promosi potensi pariwisata bagi Nias Barat.

“Selain menjadi wadah penyaluran hobi dan pengembangan bakat generasi muda di bidang olahraga khususnya sepak bola, turnamen ini menjadi ajang promosi pariwisata daerah agar semakin dikenal dan semakin banyak dikunjungi. Sehingga dengan demikian dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama di sekitar lokasi pelaksanaan turnamen,” ujar Bupati Khenoki Waruwu.

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Barat mengajak seluruh official tim, atlet, masyarakat Nias Barat, para penonton dan supporter masing-masing klub agar senantiasa memelihara kebersamaan, sportifitas, menjunjung tinggi fairplay, disiplin dan menjaga ketertiban dan keamanan sehingga tidak terjadi insiden yang bisa menghambat jalannya pertandingan selama pelaksanaan turnamen.

Sementara itu, Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Nias Barat atas terselenggaranya turnamen sepak bola Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023. 

Iapun berharap kiranya melalui turnamen ini, dapat melahirkan atlet-atlet yang berprestasi yang dapat mewakili Nias Barat dan Kepulauan Nias berkompetisi pada event olahraga Provinsi maupun Nasional.

Lebihlanjut Evolut Zebua mengatakan bahwa pelaksanaan event olahraga seperti ini, memiliki multiplier effect, selain mempererat ikatan tali persaudaraan antar sesama atlet dan masyarakat juga memiliki dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Open Tournament Sepak Bola Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si, melaporkan bahwa pelaksanaan turnamen sepak bola Bupati Nias Barat Cup 2023, merupakan salah satu wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Nias Barat untuk meningkatkan pemberdayaan pemuda dan masyarakat.

Sebagai wadah pengembangan bakat olahraga dan pembentukan karakter pemuda yang sportif dan sehat, untuk mencari atlet-atlet berbakat di cabang olahraga sepak bola yang mampu berprestasi di daerah dan nasional.

Selain itu, turnamen Bupati Nias Barat Cup 2023 diselenggarakan dengan tujuan untuk menggeliatkan kembali ekonomi masyarakat pasca masa pandemi Covid-19 sekaligus untuk memperkenalkan Kabupaten Nias Barat sebagai destinasi pariwisata yang memiliki daya tarik tinggi dengan masyarakatnya yang menjunjung sportifitas dan sapta pesona.

Open Turnamen Sepak Bola Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 07 Mei  sampai 3 September 2023 di Lapangan Bola Kaki Tetesua Kecamatan Sirombu, Kab. Nias Barat. 

Pertandingan dilaksanakan setiap Hari Sabtu dan Minggu serta Hari Libur Nasional Tertentu dengan menyajikan 2 sampai 3 pertandingan setiap harinya, diikuti oleh 40 klub dari Kepulauan Nias yang akan berlaga dalam 96 pertandingan.

Setelah acara pembukaan Open Turnamen Sepak Bola Bupati Nias Barat Cup Tahun 2023 selesai, dilanjutkan dengan pertandingan perdana yang mempertemukan Katawaena FC dari Kecamatan Sirombu berhadapan dengan Grand Kartika FC dari Kota Gunungsitoli dengan skor 1-1.

Hadir dalam acara pembukaan Open Turnamen Sepak Bola tersebut, Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, MM., M.Si., Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua, Unsur Forkopimda di antaranya Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.IK., Dandim 0213/Nias Letkol Inf Martky Jaya Perangin Angin, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Jerry Henry Manuhutu.

Kemudian, Staf Khusus Menteri Pertahanan RI Sabam Rajagukguk, Sekda Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., MM., Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala OPD, Pengurus KONI Kabupaten Nias Barat, Pengurus Askab PSSI Nias Barat, Pengurus PBVSI Nias Barat, Ketua OKP, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Manajer Klub dan Official, peserta dan perangkat pertandingan serta tamu undangan lainnya dan supporter masing-masing klub.(mahi)

×
Berita Terbaru Update