Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden Jokowi dan PM Fiala Sepakat Tingkatkan Kerja Sama di Berbagai Sektor

Selasa, 18 April 2023 | 20:55 WIB Last Updated 2023-04-18T13:55:38Z

Bogor.Internationalmedia.id.-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Petr Fiala berkomitmen untuk meningkatkan kemitraan antara kedua negara.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama PM Fiala usai pertemuan bilateral, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/04/2024).

“Kunjungan Perdana Menteri Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia. Para pengusaha Ceko juga hadir dalam kunjungan ini, merefleksikan komitmen untuk membangun dan menguatkan kerja sama,” ujar Presiden.

Sejumlah isu yang dibahas dalam pertemuan, ungkap Kepala Negara, meliputi kerja sama di bidang perdagangan, investasi, hingga pertahanan dan industri strategis. Pertemuan juga membahas mengenai isu di ASEAN, Indo-Pasifik, serta rencana penyelenggaraan ASEAN Indo-Pasific Infrastructure Forum (AIPIF) di bulan September mendatang.

Di bidang perdagangan, Presiden mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (Indonesia-EU CEPA). Presiden juga menggarisbawahi sejumlah regulasi Uni Eropa yang dinilainya diskriminatif.

“Kami juga sepakat menjajaki kerja sama joint production antara industri strategis, transfer teknologi, dan capacity building,” ujar Presiden.

Di bidang investasi, Presiden mengajak Ceko untuk terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Saya juga mengundang Ceko untuk berinvestasi di IKN Nusantara terutama di bidang transportasi massal ramah lingkungan,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan antara lain Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (lys)

×
Berita Terbaru Update