Notification

×

Iklan

Iklan

BPBD Minta Warga Waspada Pergerakan Tanah di Jatinunggal Sumedang

Rabu, 05 April 2023 | 21:21 WIB Last Updated 2023-04-05T14:21:40Z
Pergerakan tanah mengancam rumah warga

Sumedang.Internationalmedia.id.-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang melakukan assessment, adanya pergerakan tanah di area sawah Sindangsuka Blok sawah Tarikolot RT 01 RW 04 Desa Banjarsari, Kecamatan Jatinunggal. 

Anggota Pusdalpos BPBD, Popi mengatakan, dari hasil assesment, pergerakan tanah mengancam dua rumah warga, yakni milik Lili Julaeha, dan Sahredi. "Pergerakan tanah terjadi di areal pesawahan milik Yayat nurhayati dan Erah, pada hari Selasa 4 April 2023," ujar Popi, Rabu (5/4/2023).

Disebutkan, luas pergerakan tanah sekitar 100 meter persegi dengan panjang retakan 36 meter dan kedalaman retakan sekitar 30 centimeter. Akibat pergerakan tanah itu, sebuah bangunan saung di tengah sawah milik warga telah ambruk. 

"Kami sedang melakukan assessment terhadap pergerakan tanah ini. Dan telah melakukan koordinasi dengan pemerintah desa serta warga sekitar," ujarnya.

Pihaknya pun menghimbau warga agar tetap waspada bila terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Kemudian mengingatkan pemilik rumah yang terancam untuk mengungsi ke rumah sanak saudaranya. 

"Pergerakan tanah susulan berpotensi terjadi lagi. Jadi sambil menunggu langkah-langkah antisipatif selanjutnya, kami menghimbau warga untuk selalu waspada," katanya.(mar)

×
Berita Terbaru Update