Notification

×

Iklan

Iklan

Anas Urbaningrum Bebas, Dielu-Elukan Loyalisnya

Selasa, 11 April 2023 | 18:35 WIB Last Updated 2023-04-11T11:35:53Z
Sahabat-sahabat Anas Urbaningrum menunggu detik-detik keluar dari Lapas Sukamiskin

Bandung.Internationalmedia.id.- Ratusan loyalis menyambut detik-detik kebebasan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung hari ini.

Anas Urbaningrum resmi bebas bersyarat dari Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Selasa (11/4/2023) sekitar pukul 13.30 WIB. Ia menjalani program cuti menjelang bebas (CMB) dengan tetap wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung.

Anas Urbaningrum langsung disambut oleh sahabat-sahabatnya yang sudah menunggu di halaman Lapas Sukamiskin sejak pagi. Ia dilepas oleh Kepala Lapas Sukamiskin Kunrat Kasmiri.

Tak pelak lagi kondisi ini, sempat memacetkan arus lalu lintas di sejumlah titik di jalur Ujungberung dan Cicaheum. Massa yang mayoritas dari HMI dari berbagai daerah dengan bendera HMI dan sejumlah spanduk pun menghiasi halaman Lapas Sukamiskin. Bahkan, massa HMI tersebut ada yang datang sejak pukul 12.00 sebelum Anas bebas dari LP Sukamiskin pukul 14.00.

Begitu keluar Lapas Sukamiskin, kegiatan dilanjut pukul 16.00 menuju Rumah Makan Ponyo di Jalan Raya Cinunuk. Agendanya, pukul 16.30 - 18.00 kultum, buka bersama, salat magrib, isya dan salat tarawih berjamaah serta sambutan-sambutan. Pukul 21.00 kegiatan di RM Ponyo selesai, massa peserta kembali ke tempat masing-masing dan Anas serta keluarga menuju Blitar.

Jelang kedatangan Anas ke RM Ponyo, panitia pelaksana dari HMI sudah bersiap dengan memasang spanduk di aula rumah makan tersebut. Aparat baik dari Polri, TNI dan Satpol PP sudah berada disekitar RM Ponyo, terutama untuk mengatur lalu lintas di Jalan Raya Cinunuk.

"Sejak siang anggota kita sudah berada di Jalan Raya Cinunuk sekitar RM Ponyo. Ya, kita ke lapangan untuk mengatur lalu lintas agar tak macet. Berharap saja acara penyambutan Anas Urbaningrum di RM Ponyo aman dan lalu lintas pun lancar," kata Kanit Lantas Polsek Cileunyi, AKP Chevy Mohamad Abdullah kepada KejakimpolNews.com di lokasi.

Sementara itu, adik Anas Urbaningrum, Anna Lutfie mengatakan, ada lebih dari 3.000 simpatisan Anas Urbaningrum hadir menyambut bebasnya mantan anggota KPU tersebut. Sesaat setelah bebas, Anna mengatakan, rencananya ada pidato dari Anas Urbaningrum. Namun ia belum menyebutkan topik pidato dari Anas tersebut.

"Kemudian bergerak ke Rumah Makan Ponyo untuk persiapan buka bersama dan tarawih, terus di situ ada diskusi-diskusi sampai jam 21.00." kata Anna kapada wartawan.

Sementara itu, pihak Lapas Kelas IA Sukamiskin mengimbau simpatisan Anas Urbaningrum bersikap tertib saat menjemput bebasnya terpidana korupsi proyek Hambalang itu. 

Kepala Lapas Kelas IA Sukamiskin Bandung, Kunrat Kasmiri mengatakan, pihaknya mempersilakan kegiatan penjemputan itu. Namun ia mengingatkan bahwa Lapas Sukamiskin merupakan kawasan yang dekat dengan jalur lalu lintas sibuk di Kota Bandung.

"Jangan sampai mengganggu ketertiban masyarakat. Kebetulan ini kan jalan raya cukup padat, intinya silakan menjemput, tapi tolong perhatikan kepentingan masyarakat," kata Kunrat.(Ter)

×
Berita Terbaru Update