Notification

×

Iklan

Iklan

The 7th High-Level Task Force on ASEAN Community’s Post-2025 Vision

Selasa, 21 Maret 2023 | 11:54 WIB Last Updated 2023-03-21T04:54:09Z


​Belitung.Internationalmedia.id.- “Visi ASEAN harus membuat masyarakatnya berkata “I am proud to be a citizen of ASEAN"" demikian diharapkan oleh Dubes Triansyah Djani, selaku Eminent Person Indonesia dan Co-Chair, dalam Pertemuan ke-7 ASEAN High-Level Task Force on ASEAN Community's Post-2025 Vision (HLTF-ACV) di Belitung, 19-20 Maret 2023.

 

Dalam deliberasi yang berlangsung selama 2 hari secara intensif ini, delegasi ASEAN berbagi pandangan bahwa visi ASEAN Pasca-2025 harus ambitious, visionary, adaptive, strategic dan concise.

 

“Visi ASEAN harus berani dan tidak malu-mau, mengingat ASEAN akan menjadi ekonomi terbesar ke-4 dunia" demikian pula ditambahkan oleh Dubes Ngurah Swajaya, selaku High-Level Representative Indonesia.

 

Negara anggota ASEAN berkumpul untuk membahas Visi ke depan ASEAN. Sentralitas dan kesatuan ASEAN, efektifitas institusi dan proses kerja, serta penguatan Sekretariat ASEAN merupakan beberapa elemen yang dianggap penting untuk terus dijaga dan dikembangkan.  

 

Selain dihadiri oleh para Eminent Persons dan High-Level Representatives dari kesepuluh negara anggota ASEAN, Pertemuan juga dihadiri Sekjen ASEAN serta delegasi dari Timor-Leste selaku observer.

 

Di tahun 2023, Indonesia bersama Malaysia merupakan Co-Chairs Pertemuan HLTF-ACV. HLTF telah bekerja selama 1 tahun terakhir untuk menyusun core element visi Komunitas ASEAN Pasca-2025 serta rekomendasi penguatan kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN. 


Dalam pertemuan di Belitung ini, delegasi juga telah menjaring masukan dari empat entitas, yaitu ASEAN Intergovernmental Commission  on Human Rights, ASEAN Centre for Biodiversity, ASEAN Business Advisory Council dan Economic Research Institution for ASEAN and East Asia.

×
Berita Terbaru Update