Notification

×

Iklan

Iklan

Selamat ! Ketua MPR RI Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum Unpad dengan Predikat Cumlaude

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:03 WIB Last Updated 2023-01-28T14:03:17Z
Ketua MPR Bambang Soesatyo Berhasil Raih Gelar Doktor

Bandung.Internationalmedia.id.- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berhasil meraih gelar Doktor Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (FH Unpad) Bandung dengan predikat Cumlaude.

Rektor Universitas Padjadjaran, Prof Rina Indiastuti mengatakan, pria yang akrab disapa Bamsoet ini meraih IPK 4,0 lantaran mempublikasikan dua artikel di dua jurnal internasional, serta masa studi kurang dari tiga tahun.

Bamsoet juga berhasil mempertahankan disertasinya berjudul "Peranan dan Bentuk Hukum Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) Sebagai Payung Hukum Pelaksanaan Pembangunan Berkesinambungan dalam Menghadapi Revolusi Industri 5.0 dan Indonesia Emas", di hadapan 10 penguji.

"Kami nyatakan saudara Bambang lulus pada program doktor dalam bidang ilmu hukum dengan yudisium dengan pujian atau cumlaude. Oleh karena itu, mulai hari ini saudara sudah berhak menggunakan gelar Doktor," ujar Rina saat mengumumkan hasil sidang doktoral Bamsoet di Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Sabtu (28/1/2023).

Adapun hasil penelitian dalam disertasi Bamsoet, menunjukkan bahwa bangsa Indonesia memerlukan PPHN sebagai pedoman untuk memastikan pembangunan nasional berjalan berkesinambungan.

"Penelitian ini juga menemukan dua novelty atau temuan baru. Pertama, gagasan mengenai rekonstruksi GBHN menjadi PPHN tanpa amandemen," kata Ketua MPR RI.

"Kedua, rekonstruksi GBHN menjadi PPHN dapat dilakukan dengan berlandaskan pada konvensi ketatanegaraan delapan lembaga tinggi negara (Presiden, MPR, DPR, DPD, BPK, MK, MA, dan KY) dengan penyesuaian beberapa ketentuan peraturan perundangan-undangan," ujarnya.

Ucapkan Selamat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang telah meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran. 

Ia berharap hasil kajian doktoralnya bisa menjadi sebuah sumbangan besar untuk keberlanjutan pembangunan bangsa Indonesia. 

"Selamat untuk Pak Bambang Soesatyo. Beliau sangat inspiratif, mudah-mudahan hasil kajian doktoralnya bisa menjadi sebuah sumbangan besar untuk keberlanjutan pembangunan sehingga cita-cita pendiri bangsa bisa terwujud," ucap Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil di Graha Sanusi Universitas Padjadjaran, Kota Bandung, Sabtu (28/1/2023). 

Kang Emil juga mengapresiasi karena di tengah kesibukan, Bambang mampu menyelesaikan gelar doktoralnya dengan hasil yudisium cum laude , dan ini menjadi inspirasi bagi kaum muda untuk terus mengejar ilmu. 

"Beliau di tengah kesibukan menjadi inspirasi bahwa kebermanfaatan mengejar ilmu tidak bisa berhenti sampai kapanpun, selama hayat dikandung badan," ungkapnya.

Sidang doktoral Bambang dipimpin oleh Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti, dan anggota penguji terdiri dari Prof. Huala Adolf  (Guru Besar), Prof. Ahmad M. Ramli (Promotor), Dr. Ari Zulfikar (Co-Promotor), dan Prof. I Gde Pantja Astawa (Guru Besar Hukum Tata Negara). 

Kemudian oponen ahli terdiri dari Menkumham Prof. Yasonna H. Laoly, Menkopolhukam Prof. Mahfud MD., Guru Besar Tata Negara Prof. Yusril Ihza Mahendra, Dr. Adrian E. Rompis, dan Dr. Prita Amalia.(Ter)

×
Berita Terbaru Update