Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Bandung Akan Gelontorkan Dana Rp. 12,7 Miliar Untuk MI dan Guru PAI

Selasa, 03 Januari 2023 | 20:06 WIB Last Updated 2023-01-03T13:06:58Z
Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna

Kab.Bandung.Internationalmedia.id.- Bupati Bandung H.M. Dadang Supriatna berencana akan menggulirkan bantuan dana untuk 125 MI (Madrasah Ibtidaiyah) dengan total sebesar Rp. 7,5 miliar dan untuk 800 Guru PAI sebesar Rp. 5,2 miliar.

Hal ini sebagai implementasi misi ke 4 Pemkab Bandung yakni Mengoptimalkan Tata Kelola Pemerintahan melalui Birokrasi yang Profesional dan Tata Kehidupan Masyarakat yang Berlandaskan Nilai - nilai Keagamaan, selain program Insentif Guru Ngaji, Bupati Bandung H.M. 

Menurut Bupati, tahun ini ada sekitar 125 MI yang akan menerima bantuan, masing – masing mendapatkan Rp. 60 juta atau total mencapai Rp. 7,5 miliar dan guru PAU sebesar Rp. 5,2 miliar. 

Total anggaran yang akan digelontorkan pemerintah daerah sebesar Rp. 12,7 miliar, beber Bupati pada kegiatan Peringatan HAB (Hari Amal Bakti) Kementerian Agama Ke-77 Tingkat Kabupaten Bandung di Halaman Kantor Kemenag, Baleendah, Rabu (3/2/2023).

Sedangkan untuk Program Insentif Guru Ngaji, hingga November 2022 pihaknya telah mencairkan anggaran bagi 15.351 guru ngaji yang bersumber dari zakat profesi para ASN di Kabupaten Bandung.

“Masing – masing guru ngaji akan mendaptkan Rp. 534.800, terdiri dari Rp. 16.000 BPJS Ketenagakerjaan, Rp. 350.000 BPJS Kesehatan. Sedangkan sisanya Rp. 350.000 akan di transfer langsung ke rekening penerima insentif,” urainya.

Sementara terkait peringatan HAB, Bupati yang akrab disapa Kang DS juga mengapresiasi jajaran Kemenag (Kementerian Agama) Kabupaten Bandung yang terus bertransformasi, salah satunya melalui pelayanan digital.

“Kini Kemenag telah berubah. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps yang merupakan aplikasi layanan kementerian agama. Selain sebagai upaya peningkatan kualitas, inovasi ini juga akan mendekatkan layanan kepada masyarakat,” terang bupati yang akrab disapa Kang DS itu.

Dalam kesempatan tersebut, Kang DS berharap, keluarga besar Kementerian Agama bersama tokoh agama dan masyarakat menjadi garda terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai serta menjaga soliditas antar umat beragama.

"Semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama. Saya minta upacara peringatan ini sebagai momentum, agar ASN Kementerian Agama menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat," ucapnya.

Tak lupa, pada peringatan HAB ke – 77 Bupati Dadang Supriatna mengajak seluruh ASN Kemenag untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat.

“Saya mengajak kepada seluruh ASN Kemenag untuk menjadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia,” pungkas Dadang.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bandung, H. Abdurahim menyampaikan, terimakasih atas perhatian Bupati Bandung terhadap pembangunan pendidikan dalam bidang agama.

"Saya berterimakasih kepada jajaran Pemkab Bandung khususnya Pak Bupati, yang telah memberikan perhatiannya dengan menggagas program-program yang  mendukung pada peningkatan SDM. Insya Allah kami di jajaran Kemenag akan terus mendukung visi Kabupaten Bandung BEDAS," pungkas Abdurahim.(mar)
×
Berita Terbaru Update