Notification

×

Iklan

Iklan

Usung Semangat Kekuatan Dalam Keberagaman, KJRI Frankfurt Natal Bersama Warga

Kamis, 22 Desember 2022 | 07:09 WIB Last Updated 2022-12-22T00:09:14Z
Konsul Jenderal RI Frankfurt, Acep Somantri saat menyampaikan sambutannya, 


Frankfurt, Jerman.Internationalmedia.id.- KJRI Frankfurt bekerja sama dengan organisasi kemasyarakatan di wilayah kerja KJRI Frankfurt menyelenggarakan Perayaan Natal Bersama.

Acara diikuti sekitar 100 orang peserta yang hadir baik secara daring dan juga luring di KJRI Frankfurt (19/12/2022).

Konsul Jenderal RI Frankfurt, Acep Somantri, mengungkapkan harapan agar Perayaan Natal Bersama tahun ini semakin mengukuhkan kebersamaan rakyat Indonesia di tengah perbedaan yang ada, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. 

Kebhinnekaan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan kekuatan untuk saling bahu membahu serta bergotong royong demi kehidupan yang lebih baik. Bangsa Indonesia harus selalu berjalan bersama dalam menghadapi berbagai macam tantangan dan kesulitan hidup.

Perayaan Natal Bersama tahun 2022 mengangkat tema “Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain“. Tema ini mengandung semangat bagi rakyat Indonesia untuk memiliki keberanian dalam menghadapi tantangan dan kesulitan dalam kehidupan saat ini yang terus bergulir dan dalam situasi yang baru dan belum pernah ditemui sebelumnya. 

Tema ini juga mengandung semangat bagi bangsa Indonesia menemukan cara baru dan juga inovasi untuk menyebarkan kasih Tuhan di antara sesama dan juga semua makhluk hidup, termasuk melalui penggunaan media sosial dengan tepat dan bijak.

Dengan berjalan bersama, rakyat Indonesia dapat “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat” termasuk dalam menjalani masa pemulihan dari pandemi; membangun peradaban kasih; merajut kerukunan; mempopulerkan budaya jujur; mengusung kecintaan terhadap lingkungan; dan mengembangkan hidup berpolitik yang beretika menjelang pesta demokrasi tahun 2024.

Umat Kristiani di Franjfur Jerman rayakan Natal Bersama

Konjen Acep juga mendorong warga Indonesia di Jerman untuk selalu peduli dan melakukan aksi dan bantuan nyata bagi saudara sebangsa di Tanah Air, khususnya bagi mereka yang tengah mengalami cobaan bencana alam. 

Lebih lanjut, penting bagi rakyat Indonesia untuk memiliki sikap saling memahami, menerima, mendengarkan, dan menghargai satu sama lain, serta mengembangkan budaya hidup damai dan bersaudara.

Dalam kesempatan yang sama, Konjen Acep juga menyampaikan sekilas tentang perkembangan hubungan bilateral Indonesia-Jerman; Presidensi Indonesia di G20 dan capaian “G20 Bali Leaders‘ Declaration 2022“; Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 yang mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth“; serta Indonesia sebagai ketua forum kerja sama konsultatif MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia) tahun 2023.

Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Pdt. Gomar Gultom, melalui video yang menyoroti upaya yang dapat dilakukan manusia dalam semangat keberanian mengambil jalan lain. 

Disampaikan bahwa manusia kiranya harus berpihak kepada pihak yang lemah dan juga korban karena itu merupakan jalan kasih. Manusia juga tidak boleh menutup mata kepada masalah dan ketidakadilan yang terjadi di sekitar, serta harus terus mengembangkan persaudaraan yang rukun.

Perayaan Natal Nersama KJRI Frankfurt tahun 2022 diisi dengan pembacaan doa; penyampaian Salam Natal dari perwakilan gereja dan organisasi masyarakat; serta penampilan lagu-lagu natal dari organisasi keagamaan Kristen dan Katolik di wilayah kerja KJRI Frankfurt. 

Kegiatan juga dihadiri oleh perwakilan organisasi keagamaan lainnya yaitu Masyarakat Islam Indonesia (MII) Frankfurt, Menyama Braya Bali (MBB), dan juga perwakilan organisasi pelajar yaitu PPI Frankfurt dan Sekitarnya (Frada).

Wilayah Kerja KJRI Frankfurt mencakup enam negara bagian yang terletak di sebelah selatan Jerman yaitu Hesse, Baden Württemberg, Nordrhein Westfalen, Bayern, Rheinland Pfalz, dan Saarland. Terdapat lebih dari 14.000 WNI di wilayah kerja KJRI Frankfurt dimana jumlah ini merupakan yang terbesar di wilayah Eropa setelah Belanda dan Inggris.

Perayaan Natal Bersama ini juga didukung, Gereja Bethel Indonesia (GBI) Frankfurt, Gereja Misi Indonesia (GMI) Frankfurt, Jemaat Kristus Indonesia (JKI) Frankfurt, Gereja Rock (Representative of Christ's Kingdom) Frankfurt, Jemaat Indonesia Immanuel (JII) Darmstadt, Jemaat Indonesia München (JIM).

Masyarakat Katholik Indonesia Frankfurt (MKIF), Persekutuan Kristen Indonesia (PERKI) Köln, Persekutuan Kristen Indonesia (PERKI) Kassel, Persekutuan Kristen Indonesia (PERKI) Nürnberg, Persekutuan Oikumene Bonn, Komunitas Katolik Indonesia Düsseldorf (KoKID).

Kemudian, Keluarga Katolik Indonesia (KKI) Köln, Katolik Indonesia Ruhr (KIR), serta Ökumene/Perkumpulan Wanita Kristen (Pewaris).(marpa) 

×
Berita Terbaru Update