Notification

×

Iklan

Iklan

Konjen RI Bahas Rencana Kerja Sama Ekonomi dengan Gubernur Davao del Sur, DTI, dan Chamber of Commerce

Jumat, 16 Desember 2022 | 17:50 WIB Last Updated 2022-12-16T10:50:12Z

Filipina.Internationalmedia.id.- Untuk memperkuat kerja sama perdagangan Indonesia dan Mindanao, Konsul Jenderal RI Davao City, Dr. Achmad Djatmiko telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Provinsi Davao del Sur, Hon. Yvonne Cagas, Department of Trade and Industry, dan Chamber of Commerce di kantor Provincial Capitol, Digos City pada 13 Desember 2022.

Pada kesempatan ini, Konjen RI telah mempromosikan peluang kerja sama yang terbuka yang memungkinkan dijalin antara Pemri dengan salah satu kota di Mindanao, dalam hal ini Provinsi Davao del Sur. 

Promosi bidang ekonomi, investasi, perdagangan, dan parawisata telah disampaikan secara interaktif, termasuk informasi upaya membuka kembali penerbangan Manado – Davao sehingga dapat mendukung aktivitas perdagangan, investasi, pariwisata dan bahkan pendidikan di wilayah Indonesia dan Mindanao yang juga merupakan jalur perdagangan BIMP – EAGA. 

Dalam paparan promosi perdagangan pariwisata dan investasi telah disampaikan profil pariwisata melalui video Wonderful Indonesia-Indonesia to Spice Up the Wordl, profil hubungan bilateral khususnya ekonomi antara Indonesia dan Filipina, serta paparan masih terbukanya kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 Indonesia yang masih dilaksanakan secara online hingga 19 Desember 2022. 

Selain itu, turut disampaikan bahwa Indonesia juga menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan Internasional seperti MotoGP dan Keketuan G20, dimana Indonesia menjadi tuan rumah kedua kegiatan dimaksud.  

Gubernur Provinsi Davao Del Sur, sangat terkesan dengan kemajuan Indonesia, dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Konjen RI Davao City, termasuk kesempatan untuk mengenal Indonesia lebih dekat, dan kemungkinan peluang yang dapat dikerjasamakan kedepannya.  

Gubernur Provinsi Davao Del Sur menyampaikan secara singkat profil wilayah yang umumnya berbasis pertanian, dan tengah belajar mengembangkan Agro-Industri untuk produk kopi, kelapa, pisang, hewan ternak dan induustri, serta menawarkan bahwa provinsi tsb berpotensi besar di bidang akomodasi. 

Turut hadir pada pertemuan tsb yaitu: para pejabat kantor Gubernur Provinsi, Department of Trade and Industry, Chamber of Commerce, dan pemangku kepentingan lainnya. Selanjutnya, pada 12-13 Desember 2022, Tim KJRI Davao juga melakukan survei pasar produk-produk Indonesia ke beberapa pusat perbelanjaan di kota Digos, guna melihat sejauh mana konsistensi produk Indonesia masuk, diterima di pasar lokal Mindanao khususnya kota Digos pada 12-13 Desember 2022.(marpa)

×
Berita Terbaru Update