Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Nias Barat Paparkan Capaian Pembangunan Selama Tahun 2022

Kamis, 29 Desember 2022 | 08:50 WIB Last Updated 2022-12-29T01:50:30Z
Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu 

Nias Barat.Internationalmedia.id.- Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu memaparkan capaian program pembangunan dan prestasi yang telah dilaksanakan dan diraih oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Selama 1 tahun 8 bulan memimpin pemerintahan di Kabupaten Nias Barat, berbagai kebijakan, program dan kegiatan untuk mewujudkan Visi Nias Barat yang Bersih, Unggul dan Maju telah berhasil dilaksanakan bersama perangkat daerah.

Kemudian, mendapat apresiasi dan pengakuan dari Pemerintah Provinsi dan Kementerian/Lembaga berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian dengan indikator yang terukur sesuai ketentuan perundang-undangan.

Keberhasilan tersebut menurutnya merupakan hasil dari komitmen dan keseriusannya untuk mewujudkan visi, misi dan program unggulan pemerintah Kabupaten Nias Barat sebagaimana telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026.

Hal ini disampaikan Bupati pada acara temu pers dengan para wartawan di ruangan rapat Afo Bappe;itbangsa Kabupaten Nias Barat, Selasa(27/12/2022). Acara ini dalam rangka pengelolaan informasi dan komunikasi publik dan untuk memperat silaturahmi antara pemerintah Kabupaten Nias Barat dan insan pers.
 
Pada acara Temu Pers tersebut, Bupati Nias Barat didampingi oleh Sekretaris Daerah Sozisokhi Hia, SH., M.M dan beberapa pimpinan perangkat daerah, mengundang insan pers dari berbagai media, baik cetak maupun online yang ada di Kabupaten Nias Barat, sebagai mitra kerja dan sosial kontrol dalam penyelegggaraan pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Dikatakan, para Pejabat atau pimpinan OPD benar-benar menunjukkan kesungguhan bekerja karena ditempatkan dalam jabatan tanpa dibebankan setoran oleh Khenoki Waruwu.

Nias Barat Panen Raya

“Sejumlah keberhasilan dan pencapaian ini, berkat kerja keras dari pimpinan OPD yang saat saya lantik tidak membebankan pungutan se sen pun, sehingga mereka sungguh-sungguh bekerja dan menghasilkan prestasi,” sebut Bupati Khenoki Waruwu.

Selain layanan ambulans gratis 24 jam Soguna ba Zato, pemberian santunan kematian kepada keluarga yang mengalami duka yaitu sebesar Rp. 2 juta rupiah dan pemberian bantuan pelayanan kepada hamba Tuhan.

Kemudian,  pada tahun 2022, pemerintah Kabupaten Nias Barat telah membangun 17,39 km jalan dan 3 unit jembatan (2 unit jembatan bayley dan 1 unit rehab jembatan gantung) untuk membuka keterisoliran dan konektivitas antar wilayah ibu kota, kecamatan dan desa.

Pada tahun ini juga sedang dilaksanakan pembangunan trotoar sepanjang ±3 km, untuk memperindah wajah ibu kota dari wajah desa menjadi wajah kota.

Untuk menyediakan sarana prasarana permukiman yang layak, pemerintah Kabupaten Nias Barat telah membangun 665 unit rumah bagi masyarakat kurang mampu, dengan rincian pembangunan baru sebanyak 207 unit dan peningkatan kualitas/rehab sebanyak 458 unit.

Selain itu, pada tahun 2022 ini, pemerintah daerah juga telah membangun 13 paket sarana air bersih dan 307 unit sanitasi berupa tangki septik skala individu dan pembangunan baru IPAL  (Instalasi Pengelohan Air Limbah), yang tersebar di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarkat di bidang kesehatan, lanjut Bupati Khenoki Waruwu, selain peningkatan kualitas layanan kesehatan melalui penyediaan ambulans gratis, saat ini sedang dilaksanakan pembangunan Rumah Sakit Pratama di Desa Lologolu, pengadaan Alkes dan 3 unit ambulans baru serta pengadaan sarana pendukung fasilitas kesehatan lainnya.

Kemudian, dalam rangka peningkatan layanan pendidikan, pemerintah telah membangun ruang kelas baru, ruang guru, ruang laboratorium dan pembangunan UKS di beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Nias Barat.

Selain itu, dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik, pemerintah Kabupaten Nias Barat telah melaksanakan pelatihan kepada lebih 600 orang guru, PAUD, SD dan SMP.

Dalam rangka peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat petani dan nelayan, pemerintah secara berkelanjutan melakukan pembinaan dan pemberdayaan, melalui menyediaan bantuan peralatan dan sarana prasarana.

Tahun 2022, telah dilaksanakan penangkaran benih padi unggul seluas 25 hektar di dua lokasi yaitu di Kelompok Tani Damai Desa Mazingo Kecamatan Mandrehe Barat dan Kelompk Tani Sejalan Desa Gunungbaru Kecamatan Moro’o.

Kemudian, pemerintah juga telah memfasilitasi pengadaan dan pendistribusian bantuan mesin koversi BBM ke BBG kepada 178 orang nelayan di Nias Barat.


Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pemerintah Kabupaten Nias Barat telah meberikan beasiswa kepada 110 orang putra/putri Nias Barat, untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, dengan rincian, dokter 20 orang, dokter spesialis 1 orang dan jurusan lainnya sebanyak 89 orang.

Selanjutnya, dalam rangka penataan dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Nias Barat, telah disusun dokumen perencanaan berupa penyusunan masterplan dan grand design destinasi sunset Humene dan Kamadu serta study kelayakan pengembangan pantai Sirombu.

Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, telah melaksanakan berbagai event promosi pariwisata dan budaya untuk mendongkrak industri pariwisata, yaitu Festival Pesona Aekhula, Pemilihan Putri Pariwisata dan lomba tari kreasi Aekhula Manari Nias Barat Tahun 2022.

Kemudian, untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan layanan telekomunikasi, pemerintah daerah telah memfasilitasi pembangunan 12 unit tower telekomunikasi yaitu, 10 unit dari Bakti Kominfo dan 2 unit dibangun oleh PT. Tower bersama.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengungkapkan bahwa berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan, menunjukan hasil yang positif terhadap perkembangan dan capaian beberapa indikator makro pembangunan daerah.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nias Barat mencapai 2,26 persen, berada di atas Kota Gunungsitoli yaitu 2,25 persen dan Kabupaten Nias 2,21 persen”, jelas Khenoki Waruwu.(mahi)

×
Berita Terbaru Update