Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Minta Semua Pihak Berkontribusi Dalam Penurunan Stunting di Kabupaten Toba

Selasa, 13 Desember 2022 | 20:32 WIB Last Updated 2022-12-13T13:32:58Z
Bupati Toba, Poltak Sitorus  usai membuka acara Diseminasi Hasil Audit Kasus Stunting Kedua Kabupaten Toba  di aula SMK Negeri 1 Balige, Kabupaten Toba, Selasa (13/12/2022)

Balige.Internationalmedia.id.-Di Kabupaten Toba sudah menjadi kewajaran dan keharusan agar semua pihak berkontribusi dalam upaya penurunan stunting demi menciptakan generasi masa depan yang unggul dan berkualitas.

Hal ini dikatakan Bupati Toba, Poltak Sitorus saat membuka acara Diseminasi Hasil Audit Kasus Stunting Kedua Kabupaten Toba  di aula SMK Negeri 1 Balige, Kabupaten Toba, Selasa (13/12/2022).

Bupati Poltak Sitorus menyampaikan bahwa stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak yang ditandai dengan panjang atau tinggi badan anak lebih pendek dari anak seusianya akibat kekurangan gizi kronis. 

"Dalam jangka waktu yang lama dan infeksi berulang anak yang menderita stunting di masa depan akan menghasilkan angkatan kerja yang tidak kompetitif.Stunting menjadi salah satu yang harus diselesaikan untuk mencapai pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas," katanya.

Dalam pelaksanaan strategi nasional percepatan penurunan stunting, lanjutnya, juga disusun rencana aksi nasional melalui pendekatan keluarga beresiko stunting.

"Rencana aksi nasional tersebut mencakup penyediaan data keluarga beresiko stunting, pendampingan keluarga beresiko stunting, pendampingan semua calon pengantin calon pasangan usia subur, surveilans keluarga beresiko stanting ,dan audit kasus stunting,"kata Bupati Poltak Sitorus di hadapan peserta tokoh masyarakat, para camat,kepala desa ,lurah, petugas kesehatan,KB , sejumlah anggota PKK,dan  para petugas pendamping keluarga se-Kabupaten Toba.

Dalam kegiatan ini tampil sejumlah narasumber di antaranya dr.Esfayanti H.Sianturi, Sp.A (Spesialis anak) Poltak Sianturi, S.GZ (Ahli gizi),dr.Reinhard Siahaan, S.POG (Spesialis OBGYEN),dan Laili Alfita, S.Psi, MM, M.Psi ( Psikolog).

Turut hadir Wakil Bupati Toba, Tonny M.Simanjuntak yang juga merupakan Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Toba, Ketua TP-PKK Kabupaten Toba Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus dan wakilnya Ny.Erna Grace Tonny Simanjuntak, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB dr.Juliwan Hutapea, dan lainnya.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update