Notification

×

Iklan

Iklan

Pembukaan Perkemahan Wirakarya Daerah Jabar 2022, Pramuka adalah Solusi

Sabtu, 19 November 2022 | 20:22 WIB Last Updated 2022-11-19T13:22:45Z
Kadisdik Jabar, Dedi Supandi dalam Pembukaan Perkemahan Wirakarya Daerah Jabar 2022 di Bumi Perkemahan Girimakmur Malangbong, Kab. Garut, Sabtu (19/11/2022)

Garut.Internationalmedia.id.-Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi bersama Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jabar, Atalia Praratya menghadiri Pembukaan Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) Jawa Barat Tahun 2022 di Bumi Perkemahan Girimakmur Malangbong, Kabupaten Garut, Sabtu (19/11/2022).

Kadisdik pun berkesempatan foto bersama dan bercengkerama dengan peserta yang hadir dari berbagai sekolah di Jawa Barat.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jabar, Atalia Praratya menyampaikan, jangan tanyakan apa yang negara berikan atau lakukan untukmu, tapi tanyakan apa yang telah kita lakukan untuk negara.

"Kalian harus menunjukkan bahwa kalian adalah pramuka sejati yang siap hadir di tengah masyarakat. Ingat, kacu dan seragam yang kalian kenakan mengandung tanggung jawab luar biasa. Maka, di mana pun kalian berada, lakukan kebermanfaatan itu," pesan Atalia kepada seluruh peserta.

Maka, lanjutnya, hari ini PWD hadir untuk menunjukkan bahwa pramuka adalah solusi. Pramuka harus mampu hadir di tengah masyarakat, memenuhi kebutuhan masyarakat. "Hari ini, 700 peserta hadir untuk menyentuh masyarakat dengan luar biasa," ucapnya.

Pramuka Bersatu Berikan Sumbangsih Pemikiran

Sedangkan Bupati Garut selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Garut, Rudy Gunawan berharap, pramuka bisa bersatu memberikan sumbangsih pemikiran. 

"Tapi yang lebih penting, anggota pramuka adalah orang yang memiliki kepribadian lebih," ujarnya.

Sebab, menurutnya, Dasa Dharma Pramuka relevan dengan kehidupan saat ini. Dasa dharma adalah komitmen pramuka untuk bisa menjadi yang terdepan dalam kehidupan. Baik dalam kehidupan di sekolah maupun masyarakat. 

"Karena, dasa dharma adalah mulianya seorang pramuka, komitmennya seorang pramuka yang tentu kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.

Kegiatan ini pun diisi penyerahan Piagam Penghargaan kepada pemenang Desainer Logo & Maskot dan Komposer Theme Song.(mar)
×
Berita Terbaru Update