Notification

×

Iklan

Iklan

Duta Besar Andy Rachmianto Terima “Bintang Persahabatan” dari Presiden Palestina

Kamis, 27 Oktober 2022 | 12:57 WIB Last Updated 2022-10-27T05:57:29Z

Jakarta.Internationalmedia.id.-Kedekatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Palestina semakin dikukuhkan dengan pemberian Bintang Persahabatan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas kepada Duta Besar Andy Rachmianto. 

Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas peran istimewa dalam memajukan hubungan antara Indonesia dan Palestina, serta sebagai penghargaan terhadap upaya mendukung bangsa Palestina dan perjuangan untuk memperoleh kebebasan dan kemerdekaan.

Penghargaan “Star of Friendship" diberikan pada acara makan malam untuk menghormati Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Palestina di Hotel Borobudur (25/10/2022) yang dihadiri oleh mantan Wapres Jusuf Kalla, Menhan Prabowo Soebianto, mantan Menlu Dr. Alwi Shihab, Ketua Umum PBNU, Dirjen Aspasaf Kemlu RI dan sejumlah Duta Besar negara-negara Arab.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh PM Palestina Dr. Mohammad Shtayyeh disaksikan Menlu Dr. Riad Malki.

Dubes Andy merasa terhormat dan bangga menerima penganugerahan ini karena beberapa alasan:

Sebagai penegasan atas hubungan yang panjang dan bersahabat antara Indonesia dan Palestina.

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan berkesinambungan dari Indonesia untuk perjuangan bangsa Palestina;
sebagai bukti bahwa Indonesia selalu berada di garis depan setiap terjadi krisis di Palestina.

Sebagai pengakuan atas keberhasilan diplomasi kemanusiaan untuk Palestina.

Sebagai pengingat bahwa Palestina senantiasa berada di hati dan pikiran bangsa Indonesia.
“Penghargaan ini didedikasikan kepada istri dan anak-anak serta khususnya para rekan kerja di KBRI Amman ketika menjadi Dubes RI untuk Yordania dan Palestina periode 2017-2020", lanjut Dubes Andy.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Dubes Andy kepada sejumlah kalangan, seperti filantropis, lembaga kemanusiaan, universitas, selebritas dan perusahaan. Mereka telah secara aktif memberikan bantuan keuangan dan kemanusiaan kepada rakyat Palestina, khususnya yang hidup sebagai pengungsi di Yordania, Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Selama bertugas di Amman, Dubes Andy berhasil mengetuk pintu para donatur dan dermawan di tanah air untuk memberikan bantuan keuangan dan kemanusiaan sejumlah $7 juta dalam 3 tahun sebagai bentuk pelaksanaan diplomasi kemanusiaan bagi Palestina.

Sebagaimana dikatakan Presiden Jokowi pada saat menyambut resmi PM Palestina dengan upacara kenegaraan di Istana Bogor (24/10), Indonesia adalah sahabat dekat Palestina. Karena itu, pemberian “Star of Friendship" ini diharapkan menjadi simbol untuk terus mengingatkan bahwa “Indonesia selalu bersama Palestina", ujar Dubes Andy.(marpa)
×
Berita Terbaru Update