Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Nias Barat Salurkan BLT Dampak Inflasi Kepada 3.559 Orang Penerima Manfaat

Jumat, 28 Oktober 2022 | 20:10 WIB Last Updated 2022-10-28T13:10:16Z
Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Silvester Daeli dan Kadis Sosial Ekonomi Daeli, menyerahkan BLT kepada masyarakat penerima manfaat, Jum’at (28/10/2022)

Nias Barat.Internationalmedia.id.-Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu melaunching penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dampak Inflasi akibat kenaikan harga BBM kepada 3.559 orang penerima manfaat di wilayah Kabupaten Nias Barat. 

Penyaluran BLT tersebut, secara simbolis dilakukan oleh Bupati Nias Barat di Balai Pertemuan Desa Togideu Kecamatan Sirombu, Jum’at (28/10/2022).

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menjelaskan, BLT yang diberikan kepada masyarakat penerima manfaat merupakan belanja wajib perlindungan sosial melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022.

Juga berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Infalasi Tahun 2022 yang dialokasikan sebesar 2% dari Dana Transfer Umum yang disalurkan pada bulan Oktober-Desember 2022.

“BLT yang disalurkan kepada penerima manfaat bertujuan untuk mengurangi dampak inflasi bagi masyarakat Nias Barat yang diakibatkan oleh kenaikan harga BBM. BLT tersebut merupakan belanja wajib perlindungan sosial yang dianggarkan 2% dari Dana Transfer Umum pada APBD Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2022”, jelas Bupati Khenoki Waruwu.

BLT tersebut, lanjut Bupati Khenoki Waruwu, diberikan dalam bentuk uang kepada penerima manfaat selama 3 bulan, yaitu terhitung mulai Oktober-Desember 2022, sebesar 150.000/per bulan yang diperuntukan bagi keluarga tidak mampu, nelayan, pelaku UMK dan Pemilik Usaha Transportasi Umum Darat maupun Transportasi Laut yang belum terdaftar sebagai Penerima BLT BBM dari Kementerian Sosial.

Bupati berharap kepada perangkat daerah terkait agar penyaluran BLT tepat sasaran dan terhindar dari unsur KKN sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya.

Turut hadir mendampingi Bupati Nias Barat pada kegiatan launching penyaluran BLT dimaksud, yaitu Asisten Pemerintahan dan Kesra Silvester Daeli, SH., Kadis Sosial Drs. Ekonomi Daeli, M.M., Kadis Perhubungan Toroziduhu Mendrofa, M.Si., Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Rosedi Daeli, SE., M.M..

Kemudian, Plt. Kadis Tenaga Kerja Herti Rahayu Hia, S.Sos., Plt. Camat Sirombu Mesrawani Zalukhu, Sekretaris Dinas Kominfo Sonifati Zebua, M.M, Sekretaris Dinas Sosial Yudi Suprapti, M.M dan beberapa staf lainnya.(mahi)

×
Berita Terbaru Update