Notification

×

Iklan

Iklan

Petani di Silaen Toba Setuju Laksanakan Tanam Panen Dua Kali

Senin, 05 September 2022 | 14:37 WIB Last Updated 2022-09-05T07:37:47Z
Bupati Toba, Poltak Sitorus di Gereja HKBP Losung Batu, Resor Parsambilan,Distrik IV Toba.di  Desa Sinta Dame, Kecamatan Silaen, Kabupaten  Toba, Provinsi Sumatra Utara, Minggu (4/9/2022)

Toba.Internationalmedia.id.-Bupati Toba, Poltak Sitorus kembali mengajak masyarakat petani untuk melakukan secara serentak gerakan tanam dua kali panen dua kali untuk ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan.

Hal ini dikatakan Bupati Poltak Sitorus seusai ibadah gereja kepada jemaat gereja pada Pesta Gotilon (panen) Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Losung Batu, Resor Parsambilan,Distrik IV Toba.di  Desa Sinta Dame, Kecamatan Silaen, Kabupaten  Toba, Provinsi Sumatra Utara, Minggu (4/9/2022).

Sehari sebelumnya Bupati Poltak Sitorus diundang Pdt. Rudolf Purba untuk mengikuti ibadah Pesta Gotilon tersebut.

Bupati Toba, Poltak Sitorus bersama para pejabat Pemkab Toba saat mengikuti Kebaktian/Ibadah 

Bupati juga mengingatkan bahwa tanggal 19 atau 20 September 2022 akan dilakukan penyemaian bibit padi jenis Matongga yang usia panen 105 hari.

"Sehingga nanti pada bulan Januari akan kembali lagi menyemai bibit padi di lahan yang sama milik warga petani," katanya.

Soal keluhan warga tentang langkanya pupuk ,Bupati Poltak menyampaikan permasalahan ini sudah  disampaikan kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Namun saat ini Pemkab Toba mendorong dan melalui Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan akan melatih petani bagaimana cara pembuatan pupuk organik dengan menghadirkan ahlinya.

Tanam dua kali panen dua kali ini, lanjutnya, bisa menyesuaikan kondisi lahan masing-masing. Sesuai dengan prakiraan cuaca BMKG bahwa curah hujan yang cukup tinggi hingga puncaknya  bulan November  ini maka lahan yang cukup airnya bisa dilanjutkan dengan bertanam padi yang kedua, atau jika lahan kering dilanjutkan bertanam jagung.

Ny .Rita Marlina Poltak Sitorus didampingi  Ny.Irmayanti Augus Sitorus  saat memberikan tali asih kepada para anak-anak sekolah yang meraih juara di sekolah masing-masing

Selanjutnya Ny .Rita Marlina Poltak Sitorus didampingi  Ny.Irmayanti Augus Sitorus  memberikan tali asih kepada para anak-anak sekolah yang meraih juara di sekolah masing-masing.

Bupati Poltak juga berharap dalam peningkatan sumber daya manusia yang unggul, agar sedikitnya 6 siswa SMP masuk SMA Unggulan di daerah ini.

Sedikitnya 3 orang masing -masing masuk ke SMA Yayasan TB Soposurung dan SMA Unggul Del.

"Jikalau sudah masuk tetapi orang tuanya dari kalangan tidak mampu, maka Pemkab Toba akan memberikan bea siswa," sebutnya.

Sebelumnya Pdt. Rudolf Purba memimpin  ibadah mensyukuri panen masyarakat petani.

Turut mendampingi Bupati, Sekdakab Toba Augus Sitorus, Asisten Pemerintahan Eston Sihotang , Asisten  Perekonomian dan Pembangunan Jhoni DP Lubis , Asisten Administrasi Umum Verry S.Napitupulu, Kadis Perijinan Requel Hasadaan.

Kemudian, Kadis Lindup Raja Ipan Sinurat,Kadis PMD Henry Silalahi, Kadis Ketapang Sahat Manullang, Inspektorat diwakili Sekretaris Tagor Sitorus,Kadis Kesehatan diwakili Sekretaris Siti Nuraya Sirait, Plt. Kadis Kominfo dan Kabag Protokol Try Sutrisno P.Samosir.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update