Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Olahraga

Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:03 WIB Last Updated 2022-08-18T13:03:04Z
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST saat meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) Kabupaten Samosir di Lumban Sihombing, Dusu II Desa Hutanamora, Kecamatan Pangururan, pada Kamis (18/08/2022)

Samosir.Internationalmedia.id.-Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) Kabupaten Samosir di Lumban Sihombing, Dusu II Desa Hutanamora, Kecamatan Pangururan, pada Kamis (18/08/2022).

Selain Bupati Samosir, peletakan batu pertama juga dilakukan oleh Kadis Dikpora Jonson Gultom, S.Pd, Camat Pangururan Robintang Naibaho, Kepala Desa Hutanamora Ihut Irensus Malau, Tokoh Masayarakat, Pemilik Lahan, dan Kontraktor Pelaksana CV. Fariz Pratama.

Acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung Olahraga Kabupaten Samosir diawali dengan ibadah singkat yang dipandu oleh Penatua Gereja Katolik St. Martinus.

Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Samosir Jonson Gultom, S.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa dana Pembangunan GOR ini bersumber dari APBD Kabupaten Samosir TA. 2022 yang dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana CV. Fariz Pratama dengan Nilai Kontrak sebesar Rp. 8.888.927.000,- dan masa pelaksanaan 120 Hari Kalender. 

Disebutkan, bahwa Gedung Olahraga yang akan dibangun adalah ber Tipe B dengan fasilitas lapangan Futsal, Bola Volli, Sepak Takraw, Bulutangkis, Bola Basket dan Tenis Meja. Diharapkan kedepan dengan pembanguan GOR ini akan melahirkan bibit-bibit atlet potensial dari Kabupaten Samosir.

Salah satu Tokoh Masyarakat Desa Hutanamora Mangihut Simbolon sangat mengapresiasi pembangunan gedung ini, dan diharapkan akan memberikan kemajuan bagi warga sekitar dan Kabupaten Samosir secara umum. 
Disampaikan, pada awalnya sejak Tahun 2013 sudah digagasi oleh salah satu putera daerah Desa Hutanamora dan pemilik tanah memberikan lahannya secara gratis karena kerinduan akan adanya pembangunan di Desa Hutanamora yang dapat mendongkrak perekonomian warga sekitar. 

Kepala Desa Hutanamora Ihut Irensus Malau  juga mengharapkan melalui pembangunan gedung ini akan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat. Namun, dirinya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Samosir agar akses jalan dapat ditingkatkan, demikian juga halnya dengan akses air bersih untuk keperluan sehari hari. 

Lintong Sihombing dan Tahi Sihombing selaku pemilik lahan juga menyampaikan hala yang sama. Mereka berharap kepada kontraktor pelaksana agar memberdayakan masyarakat lokal yang memiliki skill dan kemampuan dalam proses pembangunan.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menyampaikan bahwa Pembangunan GOR ini merupakan salah satu program unggulan dalam Visi Misinya sejak dilantik menjadi Bupati Samosir. 

Berkat perjuangan melalui lobi-lobi ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, akhirnya pembangunan GOR ini dapat disetujui tahun ini.

"Meskipun terealisasi pada tahun ini, tetapi kita harus tetap bersyukur. Hal itu dikarenakan keterbatasan anggaran pemerintah ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19", ujarnya.

Kepada kontraktor pelaksana, Bupati menekankan agar pembangunan gedung ini dikerjakan sesuai spesifikasi, aturan dan peraturan yang berlaku sehingga menghasilkan bangunan yang berkualitas dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi salah satu ikon baru di Kabupaten Samosir.

Selain itu, dengan hadirnya sarana olahraga ini diharapkan dapat memunculkan atlet-atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Samosir di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

“Saya berharap pembangunan gedung olahraga ini dapat mewadahi kegiatan olahraga masyarakat dengan fasilitas sarana dan prasarana yang baik,” ujarnya.

Secara khusus, Bupati Samosir menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepala keluarga besar pemilik lahan, yang telah rela memberikan tanahnya secara gratis untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Samosir.

Untuk akses pendukung lainnya nantinya, seperti peningkatan jalan dan penyediaan air bersih, Bupati meminta kerjasama dari masyarakat untuk saling mendukung dan mengoptimalkan potensi yang ada, baik itu dalam penyerahan lahan untuk secara gratis untuk kepentingan bersama.(Ung)

×
Berita Terbaru Update