Notification

×

Iklan

Iklan

Tiga Bupati Hadiri Pembukaan FEKDI 2022 di Samosir

Selasa, 05 Juli 2022 | 18:27 WIB Last Updated 2022-07-05T11:27:04Z
Bupati Samosir Vandiko Gultom, Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, Bupati Tapanuli Selatan Doli Pasaribu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Doddy Zulverdi,  GM PT. Telkom Heribertus Handokodo  membuka secara resmi Digifes BI Perwakilan Sibolga Tahun 2022,ditandai dengan memukul gendang secara bersama-sama

Toba.Internationalmedia.id.-Tiga Bupati, Samosir, Toba dan Bupati Tapanuli Selatan, hadir dalam pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2022 di Hub Creative Samosir, Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, Selasa (5/7/2022).

Acara yang digelar tanggal 5-6 Juli 2022 ini bertemakan “Bersinergi dalam Akselerasi Digitàlisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia”ini, turut hadir secara  virtual Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, Anggota DPR RI Komisi XI Sihar Sitorus dan Perwakilan Gubernur Sumatra Utara yaitu Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Sumatra Utara  

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara Doddy Zulverdi menyatakan, Festival ini dilakukan untuk mendorong awareness (kesadaran)pentingnya digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif dan efisien untuk perekonomian masyarakat di Kawasan Super Prioritas Nasional Super Prioritas  Danau Toba perlu dilakukan kolaborasi otoritas di Pusat dan Daerah.

Anggota DPR RI Komisi XI Sihar Sitorus, dalam kesempatan itu mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh BI Perwakilan Sumatera Utara dan BI Perwakilan Sibolga yang bersinergi  bersama-sama Pemerintah Daerah untuk melakukan akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan di daerah.

"Kita akan melakukan langkah-langkah bersama untuk mengaselerasi digital payman,"sebut Sihar.

Sikatakan, transaksi ekonomi dan keuangan digital berkembang pesat seiring meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital, serta akselerasi digital banking. 

Nilai transaksi uang elektronik (UE) pada Mei 2022 tumbuh 35,25% atau mencapai Rp 32 triliun dan nilai transaksi digital banking meningkat 20,82% atau Rp3.766,7 triliun, lanjut Sihar Sitorus.

Sedangkan Bupati Samosir Vandiko Gultom sebagai keynote speaker menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BI Perwakilan Sibolga atas kepercayaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Samosir sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia Tahun 2022.

Menurut Bupati Vandiko, kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat dukungan kebijakan dalam melaksanakan Inovasi sistem pembayaran transaksi QRIS melalui perluasan layanan, pendampingan kepada peserta, dan edukasi kepada masyarakat.

Beragam kegiatan yang disuguhkan dalam even ini, mulai dari pameran produk unggulan UMKM binaan dan mitra BI Sibolga, jurnalis, talkshow, hingga berbagai macam lomba menarik. 

Digifes BI Perwakilan Sibolga Tahun 2022 dibuka Bupati Samosir Vandiko Gultom, Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, Bupati Tapanuli Selatan Doli Pasaribu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Doddy Zulverdi,  GM PT. Telkom Heribertus Handoko melalui pemukulan gendang.

Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan mengumumkan pemenang lomba pada 3 (tiga) kategori yakni Pemerintah Kabupaten Toba sbg Juara Umum IEDigital 2022, Pemerintah Kabupaten Samosir sebagai Juara Kanal Digital dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai Juara Inisiatif Digital.

Selanjutnya penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Toba dengan GM. PT. Telkom Bidang Data dan MoU antara Pemerintah Kabupaten Samosir dengan GM PT Telkom Bidang Infrastruktur.(MC/Ung)

×
Berita Terbaru Update