Notification

×

Iklan

Iklan

Rumania Jajaki Kerja Sama dengan Sumut

Selasa, 05 Juli 2022 | 21:09 WIB Last Updated 2022-07-05T14:09:48Z
Duta Besar (Dubes) Rumania untuk Indonesia Dan Adrian Balanescu saat Diulosi(dikenakan Ulos) oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah   di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa (5/7/2022)

Medan.Internationalmedia.id.-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki Sumut mulai dari pariwisata, budaya, hasil pertanian hingga pendidikan, kepada Duta Besar (Dubes) Rumania untuk Indonesia Dan Adrian Balanescu di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa (5/7/2022).

Kehadiran Dan Adrian Balanescu mewakili Pemerintah Rumania untuk mengenal lebih dekat potensi yang dimiliki Provinsi Sumut, sembari menjajaki kerja sama apa yang dapat dilakukan. 

“Saya baru sampai di Kota Medan pagi tadi, saya melihat kondisi perkotaan Medan banyak bangunan bagus. Kehadiran saya untuk melihat potensi apa yang dimiliki Kota Medan dan Sumatera Utara dan mengenalkan potensi yang dimiliki Rumania,” ujar pria yang akrab disapa Mr Balanescu ini.

Lanjutnya, Ia memahami betul Provinsi Sumut memiliki potensi yang luar biasa di bidang pariwisata dan industri. Saya memahami betul potensi yang dimiliki Sumut mulai dari wisata dan sektor industrinya. 

Rumania juga punya potensi yang bagus dan kuat dalam dunia otomotif, pendidikan dan wisata karena di Rumania banyak pegunungan dan pemandangan yang bagus, ujarnya.

 Balanescu juga sempat menanyakan kepada Wagub Sumut terkait perguruan tinggi yang ada di Sumut dan jurusan terbaik yang dimiliki masing-masing perguruan tinggi tersebut. 

Ia pun berharap ke depan bisa menjalin kerja sama di berbagai bidang dengan Provinsi Sumut.

Sementara itu, Ijeck sapaan akrab Musa Rajekshah menyampaikan bila Sumut telah melakukan kerja sama denga Rumania di bidang perdagangan.

 “Saat ini Kita Sumatera Utara telah mengekspor turunan kelapa sawit yakni margarin ke Rumania sebesar 70 ton per tahun. Selain itu juga ada kayu manis,” ujar Ijeck.

Peluang berinvestasi di Sumut, lanjut Ijeck sangat terbuka lebar karena Pemprov Sumut mempunyai strategi untuk meningkatkan iklim investasi positif, khususnya di sektor Infrastruktur. 

Sumut punya Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Pelabuhan Hub Internasional yang akan diintegrasikan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei. Saat ini juga sedang proses pembangunan jalur Kereta Api Sei Mangkei-Kuala Tanjung.
 Selain itu, ada juga Pelabuhan Belawan untuk aktivitas perdagangan domestik, katanya.

Selain itu, Provinsi Sumut juga menjadi produsen minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) terbesar kedua di Indonesia setelah Kalimantan. “Komoditas ekspor utama di Sumatera Utara ditopang oleh CPO,” katanya.

Terkait pendidikan, Ijeck menjelaskan di Sumut ada Universitas Sumatera Utara (USU) dengan jurusan favorit kedokteran, ada juga universitas swasta yang memiliki jurusan kedokteran. 

“USU yang paling diminati itu ada Fakultas Kedokteran dan banyak mahasiswa asing mayoritas dari Malaysia, Jepang dan India. Kalau waktu Mr Balanescu panjang di Medan nanti saya akan mempertemukan dengan Rektor USU.” ujar Ijeck.

Ijeck juga berharap kerja sama bilateral Provinsi Sumut dengan Rumania bisa terus ditingkatkan baik di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan dan lainnya.(Jan)

×
Berita Terbaru Update