Notification

×

Iklan

Iklan

Promosi Indonesia Terpadu di Gdansk Membuka Mata Publik Polandia

Rabu, 20 Juli 2022 | 15:38 WIB Last Updated 2022-07-20T08:38:14Z

Jakarta.Internationalmedia.id. Memanfaatkan momentum Peresmian Kantor Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Kota Gdansk pada tanggal 18 Juli 2022, berbagai kegiatan promosi Indonesia telah dilakukan di Ibu Kota Propinsi Pomerania tersebut.  

Diawali dengan promosi potensi pariwisata Indonesia, kegiatan promosi dilanjutkan dengan permainan apik alunan gamelan Jawa, tarian daerah, fashion show batik karya batik Chic dan presentasi peluang kerja sama investasi di Indonesia dibawakan oleh IIPC London. 

Tidak hanya itu,  juga terdapat promosi keindahan bawah laut Indonesia melalui poster-poster photo karya photographer Janusz Draminski, promosi kuliner Indonesia yang secara langsung dibawakan oleh Lord Adi (Chef Master Indonesia), khususnya masakan rendang Indonesia.

Juga, promosi restoran Indonesia Sambal dan workshop batik bekerja sama dengan Workshop Batik Kota Slupsk. Kehadiran Putri Pariwisata Indonesia juga menjadi daya tarik kegiatan promosi Indonesia di Gdansk ini.

Promosi Indonesia juga melibatkan beberapa perusahaan yang telah memasarkan produk-produk Indonesia di Polandia, antara lain: Mayora (kopiko dan biskuit), De Care (Nata de Coco, mie Bali, bumbu-bumbu Indonesia, Podkawa (kopi Imdonesia), dan KK Polska (produk indofood).  Produk-produk tersebut ditampilkan kepada para tamu undangan.

Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Anita Lidya Luhulima menyampaikan antara lain bahwa hubungan bilateral Indonesia-Polandia telah tumbuh dan berkembang di berbagai sektor sebagai bentuk potensi kerja sama yang memang dimiliki oleh kedua negara.  

Ditambahkan Dubes RI bahwa masih terdapat berbagai potensi yang perlu dikembangkan secara bilateral, terutama sektor-sektor yang saat ini menjadi prioritas G20, yakni: kesehatan, tranformasi digital dan transisi energi. 

Keberadaan Konhor RI di Gdansk dengan wilayah kerja Propinsi Pomerania akan menambah sektor-sektor kerja sama yang telah ada selama ini.  Secara singkat disebutkan peluang kerja sama yang terbuka antara Propinsi Pomerania dengan Indonesia, seperti:  logistik, ketenagakerjaan, pariwisata, pendidikan, investasi dan industri strategis.

Lebih dari 200 undangan memenuhi acara promosi Indonesia di kota terbesar  propinsi utara Polandia ini.  Tamu undangan terlihat penuh sesak menikmati penampilan tarian, gamelan, dan fashion show batik Indonesia, presentasi investasi di Indonesia dan juga video-video pariwisata Indonesia yang diputar di setiap transisi antar sesi acara.

Proyek Indonesia Mini Pertama di Polandia

Duta Besar RI Anita Lidya Luhulima menyampaikan juga dalam sambutannya agar proyek Indonesia Mini segera dapat terealisasi di kota Slupsk, Propinsi Pomerania.  

Proyek ini akan lebih membuka mata publik Polandia dan negara-negara Nordik terhadap Indonesia, yang tidak hanya kaya dan beragam akan budaya, tetapi juga potensi ekonomi lainnya.

Secara khusus dalam kegiatan promosi terpadu Indonesia ini,  Gubernur DI Yogyakarta dan Gubernur Bali menyampaikan selamat kepada Konhor RI Gdansk dan kesiapan kedua daerah untuk mendukung merealisasikan proyek Miniature Indonesia yang digagas oleh Konhor RI.

Kantor Konsul Kehormatan RI kedua di Polandia

Dengan adanya Kantor Konhor RI di Kota Gdanks, maka hingga saat ini telah terdapat 2 (dua) Konhor RI di Polandia, yakni di Krakow dan Gdansk. Apabila dilihat secara geografisnya maka telah terdapat perpanjangan mesin diplomasi Indonesia di bagian utara dan selatan Polandia.

Menurut Duta Besar RI Anita Luhulima,  dengan semakin tingginya intensitas kerja sama bilateral dengan Polandia maka peran Konhor RI akan sangat mendukung program-program kerja Perwakilan RI di negara akreditasi. (marpa)
×
Berita Terbaru Update